Perikanan Budidaya Air Tawar Pendederan Benih Ikan Nila Gift di Sawah Sebagai Penyelang

Pendederan Benih Ikan Nila Gift di Sawah Sebagai Penyelang

0
Bagikan

Kabartani.com – Pada saat ini produksi benih ikan di Jawa Tengah belum mampu memenuhi kebutuhan petani. Karena itu petani ikan di waduk Kedung Ombo mendatangkan benih ikan Karper dan Nila Merah dari Jawa Timur untuk dipelihara di Karamba Jaring Apung (KJA). Kekurangan benih ikan tersebut diharapkan dapat dibantu Nila Gift dari hasil pendederan di sawah sebagai penyelang.

Pendederan ikan Nila Gift di sawah sebagai penyelang (Mina Padi Penyelang) adalah usaha pemanfaatan lahan sawah sebelum ditanami padi untuk pendederan benih ikan. Jenis ikan yang didederkan adalah Nila Gift ukuran 3-5 cm menjadi 5-8 cm atau lebih untuk siap dibesarkan di kolam dan KJA.

Keuntungan Mina Padi Penyelang

  • Sambil menunggu bibit padi siap ditanam, petani sudah dapat panen benih ikan dan memperoleh pendapatan dari hasil penjualannya.
  • Pemberian pupuk kandang dan kotoran ikan selama pendederan dapat memperbaiki struktur dan meningkatkan kesuburan tanah, sehingga dosis pupuk organik dapat dikurangi.
  • Benih ikan hasil pendederan dapat membantu mengatasi kekurangan benih ikan untuk pembesaran di kolam atau KJA.
  • Sebagai salah satu jenis diversifikasi usaha komoditas pertanian.

Persiapan Lahan

  • Lahan sawah dipersiapkan seperti halnya untuk bertanam padi. Pematang sawah ditinggikan dan diperkuat agar tidak bocor. Tanah sawah dibajak 2 kali dan digaru hingga melumpur.
  • Petakan sawah diratakan, selanjutnya dibuat kemalir (parit) sebagai tempat berlindung bagi ikan sekaligus untuk mempermudah pelaksanaan panen.
  • Sebagai tempat pemasukan dan pengeluaran air, dipasang pipa bambu atau paralon yang dilengkapi dengan saringan.
  • Petakan sawah diolah seperti untuk bertanam padi,
  • Pemberian pupuk kandang berupa kotoran ayam sebanyak 125 kg/500 m2 untuk meningkatkan jumlah pakan alami. Pupuk kandang tersebut disebarkan merata di lahan sawah.
  • Lahan sawah selanjutnya diairi secara bertahap hingga kedalaman sekitar 20 cm,
  • Air dibiarkan selama 5-7 hari untuk penumbuhan pakan alami bagi ikan nila.

Penebaran Benih Ikan

  • Penebaran benih ikan Nila Gift dilakukan segera setelah pakan alami tumbuh. Benih ikan yang ditebarkan berukuran 3-5 cm dengan kepadatan 1016 ekor/m2.
  • Penebaran benih ikan dilakukan pada pagi atau sore hari dan didahului dengan aklimatisasi. Caranya, masukkan kantong benih ikan di air petakan sawah. Setelah dibiarkan sekitar 15 menit, kantong benih ikan dibuka dan ditambah air sawah sedikit demi sedikit. Selanjutnya kantong benih dimiringkan agar benih ikan keluar dengan sendirinya.

Pemeliharaan

Pemberian Pakan Tambahan

Pemberian pakan tambahan dilakukan setelah pertumbuhan pakan alami tidak mencukupi kebutuhan ikan yang dipelihara, yaitu 3-5 hari setelah ikan ditebarkan. Sebagai pakan tambahan dapat berupa pelet komersial atau dedah halus.

Dosis pakan tambahan (pelet) sekitar 3% dari bobot ikan yang dipelihara, dan diberikan 2 kali sehari (pagi dan sore). Pakan tersebut disebarkan merata di petakan sawah.

Pengaturan Air Sawah

Selama pemeliharaan ikan berlangsung, kedalaman air di petakan sawah dipertahankan sekitar 20 cm. Setiap saat pematang sawah dikontrol untuk mencegah terjadinya kebocoran.

Pemungutan Hasil

  • Usaha pendederan ikan Nila Gift di sawah sebagai penyelang dilakukan selama ± 30 hari. Pemungutan hasil dilakukan dengan cara menyurutkan air di petakan sawah. Setelah ikan-ikan berkumpul di parit, ikan ditangkap dengan waring.
  • Benih ikan ditampung di dalam hapa dalam air mengalir sebelum dipindah ke kolam pembesaran atau dipasarkan.

Demikian informasi mengenai Pendederan Benih Ikan Nila Gift di Sawah Sebagai Penyelang, semoga bermanfaat bagi sobatani sekalian. Silahkan bagikan artikel ini dan jangan lupa simak juga tentang ikan Nila Gift berikut ini : Panduan Lengkap Proses Pembenihan Ikan Nila Gift

Loading...

BERI BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here