Hortikultura Tanaman Rempah Pengalaman Pak Rinoto Menanam Cabai Berbuah Lebat

Pengalaman Pak Rinoto Menanam Cabai Berbuah Lebat

0
Bagikan

Kabartani.com – Berikut ini Pengalaman Pak Rinoto Menanam Cabai Berbuah Lebat. Sudah dua tahun ini Pak Rinoto selalu menanam cabai di pekarangan rumahnya, baik untuk keperluan dapur sendiri maupun untuk dijual sebagai penambah penghasilan.

Terkadang tanaman cabai yang ia tanam buahnya kurang banyak. Setelah diamati, ternyata penyebabnya karena percabangannya sedikit.

Setelah baca sana-sini, akhirnya ia menemukan juga cara agar tanaman cabai yang ia tanam bisa berbuah lebat. Salah satunya yaitu tanaman cabai harus memiliki percabangan yang banyak.

Simak juga: 10 Cara Pengendalian Penyakit Patek (Antraknosa) pada Cabai

Untuk mendapatkan percabangan yang banyak, salah satu caranya adalah dengan melakukan pemangkasan pucuk tanaman cabai.

Pak Rinoto biasa menggunakan gunting untuk melakukan pemangkasan. Seharusnya menggunakan gunting khusus tanaman, namun jika tidak memiliki ya pakai gunting biasa saja yang ada di rumah.

Pemangkasan dilakukan ketika tanaman cabai sudah berumur 1 bulan setelah tanam, sehingga sudah memiliki banyak daun sekitar 8-10 helai.

Pangkas bagian pucuk tanaman 2-3 helai daun pada pucuk tanaman. Biasanya dua minggu setelah pemangkasan, bakal cabang mulai tumbuh menjadi cabang pada setiap ketiak daun.

Jangan lupa, setelah melakukan pemangkasan, sebaiknya lakukan penyemprotan dengan pestisida organik agar bekas luka pemangkasan tidak terinfeksi.

Juga lakukan pemupukan tambahan yaitu pupuk daun agar pertumbuhan cabang baru semakin cepat. Gunakan pupuk organik yang bisa kita beli di pasar atau di toko pertanian atau bisa kita buat sendiri dengan ramuan organik berupa dedaunan dan urine hewan yang difermentasi.

Jadi, sekali lagi, tujuan pemangkasan pucuk tanaman cabai yang Pak Rinoto lakukan adalah untuk mendapatkan percabangan yang banyak, karena dengan banyaknya cabang, maka akan banyak pula bunganya, dengan banyak bunga maka otomatis akan banyak juga buahnya.

Simak juga artikel tentang cabai lainnya:

Itulah sedikit informasi dari pengalaman Pak Rinoto tentang bagaimana membuat tanaman cabai berbuah lebat dengan melakukan pemangkasan pucuk tanaman Cabai. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Loading...

BERI BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here