Pengaruh Besar Unsur Fosfor (P) Untuk Tanaman

Pengaruh Besar Unsur Fosfor (P) Untuk Tanaman

0
SHARE

Kabartani.com – Pengaruh Besar Unsur Fosfor (P) Untuk Tanaman, Kebutuhan tanaman akan unsur hara Fosfor (P) untuk tumbuh kembang tanaman sangatlah penting, sehingga kita harus cukupi kebutuhan akan unsur ini hal ini bertujuan agar tanaman yang kita budidaya dapat tumbuh dengan subur dan memberikan hasil yang maksimal

Fungsi Unsur hara fosfor (P) bagi tanaman adalah untuk pembentukan albumin, pembelahan sel, untuk daun buah, biji, dan untuk pembentukan bunga.

Selain itu unsur hara fosfor juga berfungsi untuk memperkuat batang, mempercepat pematangan buah, memperbaiki kualitas tanaman, untuk perkembangan akar, metabolisme karbohidrat, membentuk nucleoprotein dan menyimpan serta memindahkan energi seperti ATP, untuk meningkatkan ketahanan tanaman  terhadap penyakit.

Pemberian atau pemenuhan unsur Fosfor ini harus pas dan sesuai, jika pemberian unsur ini tidak sesuai seperti kekurangan atau kelebihan, maka dapat berakibat bagi tanaman sebagai berikut :

Gejala kekurangan unsur Fosfor (P) :

  • warna daunnya akan tampak tua dan sering tampak mengkilap kemerahan.
  • Tepi daun bercabang.
  • Batang terdapat warna merah ungu yang lambat laun berubah menjadi kuning.
  • Jika tanaman berbuah, buahnya kecil, tampak jelek dan lekas matang.

Gejala kelebihan unsur Fosfor (P) :

  • Tumbuhan kerdil.
  • Warna daun berubah menjadi ungu atau coklat mulai dari ujung-ujung daun.

Unsur Fosfor (P) didalam tanah berasal dari bahan organik, seperti pupuk buatan dan mineral-mineral yang ada didalam tanah. meskipun Jumlah fosfor dalam tanaman lebih kecil dibandingkan Nitrogen dan Kalium, fosfor dianggap sebagai kunci kehidupan bagi tanaman.

Unsur Fosfor ( P ) diserap oleh tanaman dalam bentuk senyawa organik yang larut dalam air, seperti asam nukleat dan phitin, selain itu tanaman juga menyerap fosfor dalam bentuk ion ortofosfat (H2PO4-) dan ion ortofosfat sekunder (HPO4=).

Fosfor ini mudah bergerak antar jaringan tanaman dan Fosfor yang diserap tanaman dalam bentuk ion anorganik cepat berubah menjadi senyawa fosfor organik. Untuk kadar optimal fosfor dalam tanaman pada saat pertumbuhan vegetatif berkisar antara 0.3% hingga 0.5% terhitung dari berat kering tanaman.

Baca Juga : Pengaruh Unsur Hara Nitrogen Untuk Tanaman

Demikianlah ulasan pengaruh unsur hara Fosfor (P) bagi tanaman, semoga sedikit diatas dapat bermanfaat.