Pengendalian Hama Kupu-kupu Putih Pada Tanaman Jeruk Nipis

Pengendalian Hama Kupu-kupu Putih Pada Tanaman Jeruk Nipis

0
Bagikan

Kabartani.com – Pengendalian Hama Kupu-kupu Putih Pada Tanaman Jeruk Nipis, Jeruk nipis yang sering digunakan untuk obat herbal, minuman, atau bumbu masakan membuat banyak orang ingin membudidayakannya, budidaya tanaman Jeruk nipis terkadang terbilang mudah dan juga sulit, hal yang sering dihadapi dalam budidaya tanaman jeruk nipis adalah adanya serangan hama dan penyakit, salah satunya adanya serangan hama kupu putih atau yang disebut juga dengan kupu-kupu Pastur yang dalam bahasa ilmiahnya Papilio Memnon.

Serangan hama kupu-kupu putih ini menyerang ketika tanaman jeruk muda yang daunnya masih muda dan masih kecil-kecil selain itu serangan hama juga sering dijumpai pada persemaian tanaman jeruk,dan biasanya bagian tanaman yang sering diserang adalah bagian daun-daunnya, kupu-kupu ini memakan daun-daun dari tanaman jeruk yang masih muda dan daunnya masih kecil-kecil.

Serangan kupu-kupu putih ini biasanya akan berkurang jika tanaman jeruk nipis sudah beranjak dewasa atau tua. Karena tanaman yang telah dewasa atau tua daunnya telah menjadi rimbun.

Jika dibiarkan tanaman jeruk nipis yang masih muda tersebut akan mengalami pertumbuhan yang tidak optimal, bahkan tanaman akan mati, dengan demikian harus dilakukan pengendalian sedini mungkin agar para petani jeruk nipis tidak mengalami kerugian yang begitu besar

Untuk mengendalikan serangan hama kupu-kupu putih pada tanaman jeruk adalah dengan menyemprotkan  Insektisida yang bersifat sistemik atau racun, selain itu juga bisa dengan cara mekanis yaitu membunuh ulat, pupa, dan telurnya.

Loading...

TIDAK ADA KOMENTAR

BERI BALASAN