Pengendalian Hama Tikus Pada Budidaya Tanaman Padi

Pengendalian Hama Tikus Pada Budidaya Tanaman Padi

1
SHARE

KABARTANI.COM-Pengendalian Hama tikus pada budidaya tanaman padi, hama tikus adalah kendala utama pada budidaya tanaman padi. tikus yang bahasa latinnya Rattus argentiventer (Rob & Kloss),yang berperan sebagai hama utama dalam budidaya tanaman padi.

Tikus sebagai perusak tanaman padi mulai dari fase persemaian hingga padi siap dipanen, tikus juga merusak padi yang telah disimpan ditempat penyimpanan. hama tikus menyerang semua fase pertumbuhan padi dan kerusakan terparah akibat serangan hama tikus terjadi ketika padi pada fase pertumbuhan generatif.

Pada Fase pertumbuhan generatif tanaman padi sudah tidak mampu membentuk anakan baru. biasanya tikus menyerang tanaman padi pada malam hari dan pada siang harinya tikus biasanya bersembunyi pada lubang, tanggul-tanggul irigasi, pematang sawah, jalan sawah dan didaerah – daerah sekitar perkampungan yang dekat dengan sawak.

Serangan tikus biasanya dimulai dari tengah petak sawah, dan menyebar sampai kepinggir sawah, dan pada periode bera kebanyakan tikus bermigrasi ke daerah perkampungan yang berada dekat sawah, dan biasanya tikus kembali lagi kesawah pada saat tanaman padi mengalami fase pertumbuhan generatif.

Sebaiknya tikus dikendalikan pada awal musim tanam dan sebelum memasuki masa reproduksi. tindakan yang harus dilakukan dalam pengendalian hama tikus meliputi :

– Lakukan Gropyok masal dan Sanitasi Habitat hal ini biasanya dilakukan pada habitat-habitat tikus seperti pematang sawah, sepanjang tanggul irigasi, batas sawah dengan perkampungan dan tanggul-tanggul sawah.

– Lakukan Pemasangan TBS (Trap Barrier System) atau yang sering disebut Sistem Bubu Perangkap, pasanglah bubu perangkap pada persemaian dan lakukan pada daerah endemik tikus hal ini bertujuan untuk menekan populasi tikus pada awal musim tanam.

– Lakukan LTBS ( Linear Trap Barier Sistem ).

Demikianlah Langkah – langkah dalam mengendalikan hama tikus yang sering menyerang budidaya tanaman padi.