Peternakan Tips Beternak Penggunaan Probiotik Biokult dalam Pakan Penggemukan Domba

Penggunaan Probiotik Biokult dalam Pakan Penggemukan Domba

1
Bagikan

Kabartani.com – Peningkatan performa ternak domba dapat dilakukan dengan cara menyusun ransum yang seimbang dan sesuai dengan kebutuhan gizinya. Ransum yang baik memiliki kecernaan yang tinggi agar mudah diserap oleh ternak dan upaya peningkatan kecernaan dalam rumen sering ditambahkan feed additive.

Salah satu feed additive yang sekarang sedang populer dalam peningkatan produksi dan kesehatan ternak adalah probiotik, yang dapat menggantikan peran antibiotik. Probiotik mengandung komponen-komponen yang dibutuhkan ternak seperti vitamin dan enzim serta zat yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh ternak.

Probiotik merupakan pakan aditif berupa mikroba hidup yang dapat meningkatkan keseimbangan dan fungsi pencernaan hewan, serta meningkatkan kondisi kesehatan dan meningkatkan produktivitas ternak. Mikroba hidup yang aman dikonsumsi ternak itu ada 3 jenis: golongan bakteri, protozoa, dan cendawan.

Probiotik yang dituangkan dalam tulisan ini diberi nama Biokult, berisi mikroba hidup dari jenis bakteri Lactobacillus casei dan merupakan hasil pengembanbiakan dari bakteri yang ada didalam minuman yakult.

Bahan Pembuatan Biokult

Bahan yang digunakan untuk membuat biokult ini adalah :

  • 1 botol (50 ml) yakult
  • 4 liter tetes tebu
  • 40 liter air

Cara Pembuatan :

Ketiga bahan tersebut dicampur dalam tong plastik dan diaduk sampai homogen, kemudian tutup rapat, pengadukan dilakukan setiap hari. Setelah hari ketiga tercium bau harum biokult dan mulai bisa digunakan untuk pakan ternak. Daya kerja biokult ini efektif sampai 21 hari semenjak pembuatannya.

Biokult yang diujicobakan untuk penggemukan domba lokal jantan dicampurkan dalam pakan konsentrat yang tersusun dari pollard dan ampas tahu, sedangkan hijauan pakan berupa rumput lapangan.

Biokult diberikan sebanyak 4% dari pakan konsentrat (20 ml/ekor/hari). Hasil keragaan ternak domba jantan yang memperoleh pakan dengan tambahan Biokult tertera pada Tabel 1.

Hasil keragaan ternak domba menunjukkan bahwa dengan pemberian biokult dapat memacu pertumbuhan lebih cepat (pertambahan bobot badan 116,43 gr/ekor/hari) dibanding dengan pemberian pakan tanpa biokult (pertambahan bobot badan 71,43 gr/rkor/hari).

Biokult merupakan probiotik yang murah dan dapat berfungsi sebagai pakan suplemen yang mudah untuk diaplikasikan serta dapat memberikan peningkatan pertumbuhan ternak secara nyata.

Disusun oleh : Ulin Nusehati, Ernawati dan Susanti (BPTP Jawa Tengah, 2014)

Loading...

1 KOMENTAR

  1. Selamat Pagi
    Admin Kabar Tani

    Untuk biokult ini apakah juga bisa diberikan untuk ternak sapi, bagaimana cara pemberiannya
    dan berapa dosisnya

    terima kasih
    salam tani
    Ketoet Giri

BERI BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here