Penggunaan Saponin dan Serbuk Biji Pinang Untuk Mengatasi Hama Keong Mas

Penggunaan Saponin dan Serbuk Biji Pinang Untuk Mengatasi Hama Keong Mas

0
SHARE

KABARTANI.COM – Kepadatan populasi keong mas secara nyata berpengaruh terhadap kerusakan yang ditimbulkan pada tanaman padi, semakin banyak keong mas yang diaplikasikan maka persentase tanaman terserang semakin meningkat. Pemberian ekstrak pinang dapat meningkatkan mortalitas hama keong mas, dimana kematian hama keong mas 100% terjadi pada konsentrasi ekstrak pinang 40cc/l air (E3).

Ini merupakan artikel lanjutan dari artikel sebelumnya yang membahas pengaruh saponin dan serbuk biji pinang terhadap mortalitas keong mas. Jika anda belum tahu seberapa efektif kah penggunaan saponin dan serbuk biji pinang? dan mana yang lebih efektif, saponin atau serbuk biji pinang? oleh karena itu silahkan baca link dibawah ini.

Baca: Pengaruh Pengunaan Saponin dan Serbuk Biji Pinang Terhadap Mortalitas Keong Mas

Cara penggunaan saponin untuk mengatasi hama keong mas.

  • Siapkan saponin, sudah banyak tersedia di pasaran, carilah d toko pertanian di daerah anda.
  • Aplikasi saponin dilakukan dengan cara menabur ke area yang terserang keong mas.
  • Sebaiknya penggunaan saponin ini jangan ditebar begitu saja di areal persawahan, karena akan memakan biaya yang besar. Jadi sebaiknya ditebar dititik-titik persawahan yang jelas ada keong emasnya.
  • Tidak disarankan penggunaan saponin dalam dosis yang berlebihan ke padi yang menggunakan sistem minapadi, karena dapat menyebabkan ikan bisa mati.

Cara penggunaan serbuk biji pinang untuk mengatasi hama keong mas.

Ada dua cara, yang pertama: biji pinang dibuat serbuk halus

  • Pembuatan serbuk biji pinang menggunakan buah pinang yang yang masih segar berwarna hijau tidak terlalu tua tetapi juga tidak terlalu muda.
  • Buah pinang yang telah terkumpul kemudian dibelah, lalu dikeluarkan daging buahnya setelah itu dihaluskan dengan cara ditumbuk dengan menggunakan lumpang hingga halus.
  • Aplikasi serbuk biji pinang dilakukan dengan cara menabur langsung ke area yang terserang keong mas.

Cara yang kedua: cairan hasil ekstrak biji pinang

  • Bahan semprotan ini bisa dari buah pinang atau kapur sirih, atau kombinasi keduanya, lalu dicampur dengan air.
  • Selain biji pinang, anda juga bisa memanfaatkan getah buah pinang yang dikenal sebagai racun yang efektif untuk bekicot dan jenis siput lainnya.
  • Kumpulkan getah buah pinang dalam sebuah ember, campur dengan air dan semprot langsung pada siput.
  • Semprotkan pada area padi yang terserang hama keong mas. Namun, semprotan ini tidak disarankan untuk disemprot langsung ke tanaman padi. Lakukan secara teratur.

Itulah sedikit penjelasan bagaimana Penggunaan Saponin dan Serbuk Biji Pinang Untuk Mengatasi Hama Keong Mas, semoga informasi ini bermanfaat bagi sobat tani semuanya. Terima Kasih.