Penyakit Gatal Trichodiniasis pada ikan lele

Penyakit Gatal Trichodiniasis pada ikan lele

0
SHARE

KABARTANI.COM-Masih seputar penyakit pada ikan lele, kendala dalam budidaya ikan lele salah satunya adalah lele terserang oleh penyakit. penyakit ikan lele biasanya timbul dari lingkungan ikan yang tidak bersih, selain itu faktor dari ikan lele yang kurang sehat juga dapat sebagai pemicu timbulnya penyakit. berikut kenali salah satu penyakit yang menyerang ikan lele,dan mengenali gejala serta cara pengedalian dan pengobatannya.

Penyakit Gatal Trichodiniasis pada ikan lele

Gejala ikan nilai terkena penyakit gatal Trichodiniasis

  • Ikan lele terlihat sangat lemah dan selalu timbul dipermukaan air
  • Timbulnya bintik-bintik yang berwarna putih pada kulit, sirip, dan Insang
  • Ikan Lele terlihat menggosok-gosokkan tubuhnya pada dasar dan dinding kolam.

Penyebab penyakit Gatal Trichodiniasis

Adalah parasit Protozoa Trichodina, penyakit ini biasanya menular lewat kontak langsung antar lele yang melalui perantara air. selain itu Kepadatan ikan yang terlalu tinggi dan kekurangan oksigen disinyalir memicu perkembangannya.

Parasit Protozoa Trichodina tergolong ciliata yang berbentuk bulat, terkadang amuboid, serta mempunyai inti beerbentuk tapal kuda yang disebut Ichthyophthirius multifilis

Baca Juga :

Cara untuk mengendalikan penyakit tersebut adalah dengan cara mengatur kepadatan tebar dan selalu menjaga kualitas air.

Cara Mengobati
Jika Ikan lele terserang penyakit ini cara mengobatinya adalah dengan cara rendam ikan lele pada campuran larutan Formalin dengan takaran Formalin 25 cc/m³ dan larutan Malachyte Green Oxalate 0,1 g/m³ selama 12-24 jam, kemudian ganti air kolam dengan air yang baru, lakukan pengobatan tersebut setelah 3 hari.

Demikianlah Cara Mengobati penyakit gatal Trichodiniasis dalam budidaya ikan lele semoga bermanfaat.