Penyebab Bunga (Bakal Buah) Rontok dan Tidak Berbuah

Penyebab Bunga (Bakal Buah) Rontok dan Tidak Berbuah

0
SHARE

Kabartani.com – Salah satu buah yang terkenal sulit berbuah yaitu jambu sukun. Jambu sukun merupakan jenis jambu biji yang tidak memiliki biji, semua jambu sukun cenderung sulit berbuah, baik yang berdaging merah maupun putih kata Dr Ir Moh Reza Tirtawinata MS, pakar buah di Bogor, Jawa Barat.

Walaupun sebenarnya jambu sukun tergolong tanaman rajin berbunga. Namun biasanya setelah bunga mekar, pentil yang sudah terbentuk gampang rontok.

Karena tingkat kerontokan buah yang tinggi, ratusan tanaman jambu sukun putih di lahan seluas 2 ha di Sentul, Bogor, terpaksa ditebang pemiliknya 5 tahun silam.

Simak juga Pentingnya Unsur Hara Kalsium (Ca) Bagi Tanaman

Tingkat kerontokan bakal buah pada jambu sukun bisa sampai 100%, kata Eddy Soesanto, seorang penangkar buah di Jakarta. Eddy mengaku sulit membuahkan jambu sukun merah yang ditanamnya 1,5 tahun silam. Bahkan, Ia belum sekalipun mencicipi buah jambu sukun merah dari pohon miliknya itu.

Penangkar buah dari Demak, yakni pak Prakoso Heryono mengau hampir putus asa menunggu jambu sukun merah di kebunnya berbuah. “Buah sulit jadi sebelum tanaman berumur 2 tahun” katanya. Setelah menunggu 2,5 tahun barulah ada 15 buah yang bertahan sampai seukuran telur bebek. Sayang, hanya satu buah yang sampai matang dipohon.

Apa yang menyebabkan bunga (bakal buah) mudah rontok?

Faktor utama yang menyebabkan pohon buah-buahan tidak berbuah karena bunga bakal buah mengalami kerontokan, sehingga buah pun tidak bisa dihasilkan. Hal ini dikarenakan kurangnya hormon pada tanaman.

Semua Buah tanpa biji mudah rontok karena kromosomnya triploid (3n), sedangkan buah-buahan yang berbiji umumnya berkromosom normal diploid (2n), sehingga pasokan auksin dan giberelin cukup untuk menunjang tanaman berbuah lebat.

Kedua hormon itu dipasok biji-biji yang sedang berkembang dalam buah. Berkurangnya biji pada buah membuat pasokan hormon sedikit. Buah pun gagal berkembang dan rontok.

Lalu bagaimana cara mengatasinya? simak Mengatasi Kerontokan Bunga pada Tanaman Buah-Buahan.