Penyebab dan Penanganan Serangan Lalat di Lingkungan Peternakan

Penyebab dan Penanganan Serangan Lalat di Lingkungan Peternakan

1
Bagikan

Kabartani.com – Lalat merupakan hewan yang bisa menyebarkan virus dan penyakit bagi manusia maupun hewan ternak. Salah satu tempat yang biasa ditemui banyak lalat yaitu di kandang ternak. Lalu apa yang menyebabkan kehadiran lalat pada kandang ternak? dan bagaimana penanganannya agar terhindar dari serangan lalat?

Simak juga Cara Mencegah Dan Mengobati Penyakit Gudik Pada Budidaya Ternak Kambing

Pengendalian lalat bukanlah perkara yang mudah, karena hal ini mencakup banyak aspek. Bisa saja kita telah melakukan usaha maksimal dalam pemberantasan lalat namun hal ini tidak membuahkan hasil yang diharapkan dikarenakan factor-faktor lain yang sangat penting peranannya.

Sebelum melakukan tindakan pemberantasan lalat, terlebih dahulu kita harus mengetahui penyebab serangan pada ternak kita. Karena dengan mengetahui penyebabnya, maka dengan menghilangkan penyebab tersebut maka secara tidak langsung kita menutup pintu masuknya lalat pada peternakan kita.

Adapun beberapa penyebab sebuan lalat pada peternakan adalah:

1. Lingkungan kandang yang kotor

Hal ini merupakan faktor utama penyebab serbuan lalat, seperti banyak sampah yang berserakan, kotoran hewan ternak yang tidak dibersihkan, dll

2. Kondisi lingkungan kandang yang lembab

Kondisi kandang yang lembab karena musim hujan ataupun karena kurangnya sirkulasi udara dan kurangnya cahaya yang masuk ke kandang. Kondisi lembab ini sangat disukai lalat untuk berkembang biak, terlebih pada feces yang lembab atau malah basah

3. Adanya hewan yang sakit

Contohnya unggas yang sakit juga bisa mengundang lalat. Hal ini dikarenakan pada umumnya unggas yang sakit tidak mampu mencerna makanan dengan baik, akibatnya kotoran yang keluar menjadi lebih basah dan mengandung amoniak yang tinggi. Hal ini sangat disukai lalat untuk meletakkan telurnya dan berkembang biak menjadi larva dan lalat dewasa.

4. Managemen penyimpanan ataupun pemberian pakan yang asal-asalan

Hal ini menyebabkan banyak pakan yang tercecer ataupun tumpah sehingga dapat mengundang lalat terlebih jika pakan yang tercecer tersebut terkena air dan menjadi lembab, maka bagi lalat ini layaknya kue brownis coklat yang sangat mengundang selera.

5. Kondisi kandang tetangga atau lingkungan sekitar kandang yang jorok.

Meskipun semua usaha pencegahan sudah kita lakukan namun jika lingkungan disekitar kita juga kotor atau bisa dibilang jorok, maka bersiap-siaplah menerima getahnya berupa serbuan lalat.

Lalu bagaimana mengatasi serbuan lalat?

Banyak literatur yang menyebutkan tentang cara pengendalian lalat, baik secara mekanik, biologis maupun dengan cara kimiawi. Dalam memutuskan pemilihan cara-cara tersebut hendaknya kita memperhatikan juga biaya, efektifitas, serta keamanan dalam aplikasi cara pemabasmian atau produk pembasmian lalat.

Jangan sampai tujuan kita menghilangkan lalat justru menimbulkan penyakit-penyakit lain yang justru lebih berbahaya bagi ternak maupun lingkungan. Sekali lagi, pilihlah cara dan produk yang aman.

Jika Anda bertanya pada kami produk apa yang bisa di pilih? maka saran kami belilah produk antilalat yang bukan hanya aman digunakan di peternakan namun aman digunakan di rumah ataupun restoran. Jika produk tersebut aman digunakan di restoran ataupun di rumah makan tentunya aman juga digunakan di peternakan.

Simak juga Tips Membuat Kandang Yang Baik Untuk Ternak Ayam Arab

Demikianlah informasi Penyebab dan Penanganan Serangan Lalat di Lingkungan Peternakan yang dikutip dari dokterternak.com. Semoga informasi ini bermanfaat bagi sobat tani sekalian. Terima kasih.

  • Pakdhe Wono

    Kami menyediakan pengendalian untuk larva lalat dalam kotoran, baik ayam atau yg lainnya, aman untuk manusia, aman untuk lingkungan atau ekosistem, pengendali ini efektif, selektif, harga terjangkau, cocok untuk lingkungan padat penduduk dg masalah lalat, kontak kami segera.