Penyebab Ikan Lele Sering Dalam Keadaan Menggantung Dipermukaan Air

Penyebab Ikan Lele Sering Dalam Keadaan Menggantung Dipermukaan Air

0
SHARE

KABARTANI.com – Penyebab ikan lele sering dalam keadaan mengantung dipermukaan air. Nah bagi pembudidaya ikan lele, pasti sering menjumpai ikan lele dalam keadaan menggantung dipermukaan air, hal tersebut sudah tak asing lagi, mungkin sebagian dari pembudidaya tak menghiraukan hal tersebut dan membiarkan ikan lele dalam keadaan seperti itu, semua beranggapan bahwa ikan lele menggantung dipermukaan air itu hal yang biasa, dan pastinya lele akan sehat kembali.

Disini kami akan memberikan sedikit ulasan penyebab ikan lele menggantung pada permukaan air dan cara mencegahnya :

1. Lele Dalam Keadaan Sakit

Waktu pembesaran atau pembibitan ikan lele, pembudidaya ikan lele pasti sering menjumpai lele sakit atau terkena penyakit, hal tersebut sebenarnya disebabkan dari infeksi dan non-infeksi dan hampir semua penyakit ikan lele ditandai dengan keadaan lele mengantung bila terkena sakit.

Untuk mengatasinya dengan cara kita sortir lele yang terkena infeksi/sakit, karena kalo dibiarkan infeksi mudah menyebar pada lele yang lain yang masih satu kolam. Sebaiknya lele yang sakit dikarantina hingga benar-benar sembuh dari sakitnya.

2. Banyaknya Zat Amoniak Yang Ada Didasar Kolam

Amoniak ialah kotoran dan sisa makanan yang ada pada dasar kolam,amoniak disebabkan oleh kotoran dan sisa makanan yang tidak bisa terureai sempurna.

Dan jika hal ini dibiarkan maka akan mengakibatkan lele mengantung dipemukaan air kolam,memang betul lele bisa hidup pada air yang keruh dan kotor tapi juga tidak segitunya,kalau memang kotor dan keruh serta bau menyengat itu tanda bahwa zat amoniak sudah berlebih.

Cara Mengatasinya :

Dengan cara mengurangi air kira 20% dari volume air budidaya dan ganti dengan air bersih diupayakan dengan air sumur, setelah diganti air pastinya lele akan lahap dan lincah serta sehat.

Simak juga 

Demikianlah penyebab lele menggantung pada permukaan air dan cara mengatasinya, semoga sedikit ulasan diatas dapat bermanfaat bagi sobat tani sekalian.