Penyebab Ikan Lele Sering Terkena Penyakit Jamur Lele Dan Cara Mengatasinya

Penyebab Ikan Lele Sering Terkena Penyakit Jamur Lele Dan Cara Mengatasinya

0
SHARE

KABARTANI.com – Penyebab Ikan Lele Sering Terkena Penyakit Jamur Lele Dan Cara Mengatasinya, Dalam setiap budidaya ikan air tawar baik yang dipelihara dikolam terpal, kolam cor, ataupun kolam tanah, khusus budidaya ikan lele pasti akan mengalami kendala dan masalah yang akan dihadapi. Berikut penyebab Ikan lele yang kita budidaya sering terkena penyakit jamur lele.

Penyakit jamur ikan lele disebabkan oleh serangan saprolegnia atau bakteri yang tumbuh sebagai saprofit pada jaringan tubuh yang mati atau ikan yang dalam kondisi tubuhnya lemah.

 Berikut Gejala Awal Ikan lele Terkena Penyakit Jamur Lele

  • Pada tubuh ikan lele biasanya ditumbuhi sekumpulan benang halus seperti kapas yang dapat kita temukan didaerah luka.
  • Ikan lele yang kondisinya lemah biasanya mudah terserang penyakit jamur lele seperti pada daerah kepala tutup insang, sirip, serta bagian tubuh ikan yang lainnya.
  • Jamur pada ikan lele biasanya suka menyerang telur ikan lele dengan menyelimuti telur tersebut berbentuk benang seperti kapas.

Cara Mengobati Penyakit Jamur Lele

Rendam Ikan Lele dewasa termasuk benih gelondongan ikan lele yang juga sudah terkena penyakit jamur tersebut kedalam larutan Malachyte Green oxalate dengan dosis 2,5-3 ppm selam 30 menit.

Apabila telur lele juga terkena penyakit jamur tersebut, maka rendamlah telur tersebut kedalam larutan Malachyte Green oxalate dengan dosis 0,1-0,2 ppm selama 1 jam atau 5-10 ppm selama 15 menit.

Baca Juga :

Kedua cara tersebut terbukti ampuh dalam mengoti penyakit jamur yang menyerang ikan dalam budidaya ikan lele, demikianlah penyebab dan cara mengobati jika ikan lele yang kita budidaya terkena penyakit jamur lele, semoga yang sedikit ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan.