Penyebab Ikan Lele Tiba-tiba Mati Mendadak dan Cara Mengatasinya

Penyebab Ikan Lele Tiba-tiba Mati Mendadak dan Cara Mengatasinya

0
SHARE

KABARTANI.com  Dalam budidaya ikan terutama ikan lele pasti kendala utama yang akan dihadapi adalah kerugian. Kerugian ini biasanya berawal dari banyaknya ikan lele yang mati, selain itu banyaknya pakan yang dikeluarkan tetapi ikan tumbuh dengan tidak sesuai yang diharapkan.

Ada 3 Penyebab Ikan Lele tiba-tiba mati mendadak serta cara mengatasinya

1. Adanya Zat Beracun Yang Mencemari Air Kolam

Air kolam yang tercemar zat beracun akan menyebabkan kematian lele dalam jumlah besar, penyebab zat beracun tersebut biasanya berasal dari sisa pakan yang mengendap didasar kolam.

Air kolam yang tercemar akan berwarna merah kehitaman. Selain itu zat beracun juga bisa berasal dari obat – obatan kimia seperti pestisida.

Jika sumber air kolam berasal dari sungai atau saluran irigasi yang juga dimanfaatkan oleh petani padi. Maka kemungkinan besar air kolam akan bercampur dengan air pestisida.

Cara Mengatasinya

  • Gantilah air kolam sebanyak 40% dari jumlah volume air yang ada, setelah 10 hari lakukan pergantian dan penambahan air.
  • Lakukakan pergantian atau penambahan setiap lima hari sekali. apabila mendekati waktu panen sebelum panen ikan dilakukan, alangkah baiknya frekuensi penambahan air dilakukan 3 hari sekali

2. Perubahan Mendadak pH Air Secara Ekstrem

PH air juga merupakan hal yang perlu dipertahankan, ketika awal pembuatan kolam,  pH juga harus dikondisikan sedemikian rupa agar dapat memenuhi syarat ideal bagi hidup lele.

Penyebab pH air berubah dalam waktu singkat salah satunya adalah air hujan pertama yang jatuh pada kolam.

Cara Mengatasinya

Jika turun hujan pada hari pertama, segera ganti air kolam, pergantian air kolam dapat dilakukan sebagian,lebih baik dalam mengganti air kolam menggunakan mesin diesel

3. Suhu Air Kolam Terlalu Panas

Pertahankan suhu air kolam pada kisaran ideal yakni 25 – 300C.benih lele sangat sensitif terhadap suhu yang terlalu panas,akibatnya lele akan mudah stress dan nafsu makan menurun. Pencernaan dan metabolisme tubuh tidak berfungsi dengan baik, lama – kelamaan lele akan mati.

Cara Mengatasinya

Pasanglah terpal plastik untuk mencegah masuknya sinar matahari secara langsung ke air kolam. bisa juga menggunakan tanaman enceng gondong yang dapat menjadi tempat berlindung bagi lele, selain itu eceng gondok juga berfungsi sebagai inang bagi sejumlah mikroorganisme yang dapat dijadikan sumber pakan alami bagi lele.

Demikianlah Cara Mengatasi Penyebab tiba-tiba Ikan Lele mati mendadak, semoga bermanfaat dalam budidaya lele, dan hasil budidaya pun melimpah sesuai yang diharapkan.