SHARE

KABARTANI.com – Penyebab Tomat Gagal Berbunga dan Rontok. Banyak kendala yang dihadapi oleh petani tomat, salah satunya mana kala tanaman tomat gagal berbunga kalaupun bisa berbunga, bunganya malah mudah rontok. Hal ini juga disebut blossom drop yang biasa terjadi jika tanaman tomat ditanam didaerah panas. Blossom drop terjadi disebabkan oleh faktor suhu udara yang terlalu panas, bisa juga karena faktor lingkungan lainnya.

Jika tanaman tomat gagal berbunga, otomatis tidak akan menghasilkan buah. Beberapa varietas tomat seperti heirloom biasanya lebih rentan dibanding jenis hibrida yang diciptakan khusus agar dapat bertahan terhadap cuaca panas.

Faktor Utama

Blossom drop banyak terjadi umumnya disebabkan oleh temperatur atau suhu. Karena keberhasilan pembentukan serbuk sari sangat dipengaruhi oleh suhu dan kelembaban udara. Suhu ekstrim disertai kelembaban udara dapat menyebabkan proses pembentukan serbuk sari terganggu, dan menjadikannya sangat lengket sehingga sulit untuk lepas ke udara. Ketika bunga tak berhasil dalam proses penyerbukan, maka secara alami bunga tersebut akan rontok atau gugur. Suhu panas disiang hari, di atas 30ºC dan suhu dimalam hari di atas 24ºC yang berkepanjangan juga dapat menyebabkan bunga yang telah mekar menjadi rontok. Tak hanya itu saja, jika suhu malam hari terlalu dingin di bawah 12ºC juga dapat menyebabkan kerontokan.

Faktor lain

Serangan Hama dan penyakit jamur seperti penyakit bercak daun (Leaf Spot) juga dapat mengakibatkan kerontokan bunga pada tanaman. Pemberian pupuk atau unsur nitrogen yang berlebihan dapat mengakibatkan pertumbuhan daun yang berlebihan, namun dapat menurunkan kemampuan tanaman untuk memproduksi bunga.

Jika tanaman tomat sudah mampu memproduksi banyak buah-buahan dan pada saat yang sama terjadi kerontokan bunga, hal ini mungkin sebagai upaya tanaman untuk menghemat energi / makanan yang tujuannya untuk menjaga agar buah-buahan yang sudah terbentuk dapat bertahan.

TIPS

Dalam suhu panas yang ekstrim, kita masih bisa membantu proses penyerbukan tanaman, yakni dengan cara menepuk bunga secara perlahan agar melepas sebuk sari.

Perawatan

Jika blossom drop disebabkan oleh suhu ekstrim, perawatan yang dapat kita berikan sangat terbatas. Usahakan tanaman mendapatkan pasokan air (penyiraman) yang cukup dan teratur. Lakukan pemantauan secara rutin untuk mengawasi hama / penyakit yang mungkin dapat mengganggu produksi buah. Bila anda menanam di media tanah, pastikan kelembaban dan kadar air tanah di sekitar tanaman selalu terjaga.

Pencegahan

Jika suhu panas atau cuaca ekstri secara konsisten selalu merusak atau menggagalkan tanaman tomat Anda, pertimbangkan untuk mengganti jenis atau varietas tanaman tomat yang lebih tahan dan memiliki toleransi lebih tinggi terhadap panas. Banyak sekali tomat-tomat jenis hibrida baru yang memang khusus dikembangkan untuk mengatasi masalah ini. Sebelum menanam kita harus terlebih dahulu tahu jenis tomat yang akan ditanam serta lingkungan dimana benih tomat akan ditanam.

Simak juga 

Demikianlah ulasan mengenai Penyebab Tomat Gagal Berbunga dan Rontok, dengan anda mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan tomat gagal berbungan dan rontok tersebut, kedepannya sobat tani bisa lebih tau bagaimana penanganan untuk mengatasi permasalahan ini.