Penyuntikan Hormon Perangsang Pemijahan Ikan Lele

Penyuntikan Hormon Perangsang Pemijahan Ikan Lele

0
SHARE

Kabartani.com-Pemijahan ikan lele dengan cara disuntik hormon perangsangInduk ikan lele yang akan disuntik hormon perangsang adalah induk jantan dan betina, syaratnya
kedua indukan harus matang gonad.

hormon perangsang yang biasa dipakai adalah ovaprim dan chorulon, kedua hormon ini banyak dijual di toko – toko perawatan ikan, menyuntikan hormon perangsang tersebut lebih praktis karena tidak memakai ikan pendonor.

Fungsi dari kedua hormon tersebut adalah untuk merangsang pertumbuhan dan pematangan sel telur untuk dosis penyuntikannya 0,3 – 0,5 ml per kg bobot induk dan disesuaikan dengan petunjuk pemakaian cara penggunaan hormon ini sebelum disuntikan terlebih dahulu hormon tersebut harus diencerkan dengan akuadestilata dengan 3 kali lipatnya.

Cara penyuntikan hormon perangsang ini sama dengan cara menyuntikan dengan menggunakan kelenjar hipofisa, untuk induk yang sudah disuntik hormon perangsang yang akan dijahkan, metode pemijahannya pun sama dengan pemijahan ikan lele secara alami seperti biasanya.

Cara Pemijahan Ikan lele In Vitro
Pemijahan In Vitro adalah pemijahan yang dalam proses pembuahan sel telur dengan bantuan manusia pemijahan ini berlansung dalam sebuah tabung atau wadah.dibutuhkan ketelitian dan keterampilan yang tinggi dalam pemijahan jenis ini.

Cara Pemijahan In vitro ini Induk ikan jantan dibunuh kemudian diambil spermanya, sedangkan induk betina disuntik terlebih dahulu dengan menggunakan hormon perangsang tujuannya untuk mematangkan sel telur, setelah induk betina disuntik dalam beberapa saat bagian perut diurut ke belakang sampai ke alat vitalnya hingga keluar sel telurnya.

pemijahan jenis ini memerlukan alat dan bahan seperti mangkuk plastik atau kaca, bulu ayam,kertas tisu, gunting, pisau,suntikan, pinset, dan sodium klorida 0,9 % ( yang digunakan untuk cairan infus). untuk tempat penetasan telurnya bisa menggunakan akuarium, fiberglass, atau bak terpal plastik. semua alat harus dalam kondisi bersih dan sterill.

Adapun cara metode pemijahan In Vitro adalah sebagai berikut :

1. Kita Siapkan Induk jantan, kemudian kita bunuh dengan tujuan diambil spermanya, cara pengambilan sperma belah perut ikan jantan membujur, sperma biasanya terdapat pada kantong berbentuk pipihmemanjang dalam perut ikan jantan dan biasanya berwarna putih, untuk mengambil spermanya potong dengan gunting, angkat kemudian tampung dalam mangkuk.

2. Siapkan Induk Betina yang sudah disuntik hormon perangsang setelah 8 – 10 jam sebelumnya urut pada bagian perutnya kebelakang sampai alat vitalnya tujuannya agar sel telurnya keluar setelah sel telur keluar, ambil sel telur tersebut kemudian tampung dalam mangkuk.

3. Setelah Sperma dan sel telur didapatkan maka campurkan menjadi satu didalam mangkuk sedikit demi sedikit, dan aduk secara perlahan dengan menggunakan bulu ayam, kemudian encerkan campuran dengan air bersih lalu aduk secara perlahan dan merata

4. Setelah itu masukan campuran sel telur dan sperma kedalam kolam penetasan, dan tebarkan dengan
bulu ayam.

5. Langkah terakhir lakukan pengayaan oksigen dalam kolam penetasan dengan menggunakan aerotor, Aerotor harus distel sedang jangan terlalu kencang karena dapat mengguncang telur, dan jangan pula terlalu kecil, hal yang terpenting tetap jaga kondisi kolam penetasan.

Demikianlah sedikit gambaran perangsang pemijahan ikan lele, dan gambara pemijahan inkan lele secara In Vitro dengan bantuan manusia, semoga yang sedikit ini dapat menambah manfaat dan pengetahuan selamat mencoba semoga sukses dan berhasil.