Perbedaan Pepaya California dengan Pepaya Calina

Perbedaan Pepaya California dengan Pepaya Calina

0
SHARE

KABARTANI.com – Kita sering mendengar jenis pepaya yang cukup popular di masyarakat yaitu Pepaya California. Pepaya yang dapat tumbuh dengan baik di dataran rendah sampai medium dengan pengairan yang relatif minim  ini dapat menghasilkan puluhan buah dalam satu pohon. Tinggi batangnya yang cukup pendek yaitu hanya mencapai satu meter membuat waktu panen menjadi jauh lebih singkat dibandingkan jenis pepaya lainnya.

Sebenarnya adakah perbedaan antara Pepaya California dengan Pepaya Calina?. Ternyata kedua jenis pepaya tersebut adalah pepaya dengan jenis yang sama. Pepaya California merupakan nama lain dari Pepaya Calini yang dalam pemasarannya dirubah oleh pedagang untuk menarik konsumen. Sebenarnya siapa penemu dari Pepaya California atau  Pepaya Calini ini?

Adalah Prof. Dr. Ir. Sriani Sujiprihati, MS Guru Besar Institut Pertanian Bogor (IPB) yang merupakan ahli genetika dan pemuliaan tanaman ini tutup usia satu minggu setelah Hari Raya Idul Fitri 1423 H lalu. Prof. Dr. Ir. Sriani Sujiprihati, MS lahir di Ponorogo, 28 Oktober 1955. Ia menempuh pendidikan S1 di Universitas Gadjah Mada (UGM), S2 di IPB, dan S3 di Universiti Putra Malaysia (UPM), Malaysia. Mantan Kepala Bagian Genetika dan Pemuliaan Tanaman Pusat Kajian Buah Tropika (PKBT) IPB tersebut terkenal dengan varietas pepaya temuannya yakni Calina dan Carisya yang merupakan 100% produk temuan Indonesia.

Pepaya Calina yang merupakan buah lokal asli Indonesia tersebut, kini banyak ditanam para petani di berbagai daerah karena berbagai keunggulannya dan tingginya permintaan pasar. Pepaya berukuran kecil dengan bobot rata-rata 1,3 kg per buah ini banyak dijual di supermarket-supermarket besar maupun pasar lokal.

“Yang menamakan itu pepaya california bukan kami, tapi pedagangnya. Padahal itu adalah Pepaya Calina hasil pemuliaan yang kami lakukan bertahun-tahun,” kata Dr Sriani, kepala Divisi Pemuliaan Tanaman, Pusat Kajian Buah Tropika (PKBT) IPB.
“Terus terang saya sedih dan sakit hati dengan pengubahan nama tersebut, tapi kami tidak mungkin mengajukan tuntutan hukum karena nama buah ini tidak dipatenkan,” katanya.

Dengan mengetahui Pepaya California atau Pepaya Calina yang merupakan temuan asli Indonesia sudah selayaknya kita masyarakat Indonesia ikut menjaga, melestarikan dan menggunakan produk-produk lokal, baik dengan ikut menanam maupun membeli jenis pepaya ini.