Petani Rumahan: Mudahnya Menanam Bawang Merah di Lahan Sempit

Petani Rumahan: Mudahnya Menanam Bawang Merah di Lahan Sempit

0
Bagikan

Kabartani.com – Hai Sobat Tani, menanam bawang merah itu sangat mudah, jika sesuai tahapan-tahapan yang benar. Untuk menghasilkan bawang merah sendiri, anda bisa memanfaatkan lahan kosong disekeliling rumah anda sebagai tempat budidaya. Menanam bawang merah untuk konsumsi pribadi tak perlu lahan yang luas, lahan sempit pun jadi.

Simak juga Menanam Bawang Merah Dengan Media Batang Pisang Yang Masih Hidup

Bawang merah merupakan salah satu bahan utama dalam masakan. Hampir semua masakan Indonesia menggunakan bawang merah dalam bumbunya.

Harga bawang merah yang cukup tinggi di pasaran, membuat kita harus memutar otak bagaimana memperoleh bawang merah yang murah meriah? tentunya yaitu dengan menanam sendiri. Apa saja tahapannya? berikut penelasannya.

Pemilihan Benih

Bibit bawang merah yang dipilih adalah bawang merah yang mempunyai warna mengkilat, kompak/tidak keropos (tidak kopong), kulit tidak luka dan telah disimpan 2-3 bulan setelah panen.

Persiapan Lahan

Tanah di gemburkan dan diberi pupuk kandang/kompos seminggu sebelum tanam.

Penanaman

1-penanaman-bawang-merah-kabartani

  • Jarak tanam yang dianjurkan 15 cm x 15 cm pada musim kemarau dan 20 cm x 20 cm pada musim penghujan.
  • Jika umur bibit yang akan ditanam kurang dari 2 bulan dilakukan “pemogesan” (pemotongan ujung umbi) kurang lebih 0,5 cm untuk memecah masa dormansi dan mempercepat masa pertumbuhan tanaman.
  • Kemudian umbi bibit ditanam dengan cara membenamkan seluruh bagian umbi.

Pemeliharaan

Penyiraman: dilakukan sesuai umur tanaman, umur 0-10 hari dua kali sehari pagi dan sore hari, umur 11-35 hari sehari sekali di pagi hari saja, umur 36-50 hari sekali saja pagi atau sore hari. Penyiraman dilakukan pada musim kemarau.

2-bawang-merah-umur-22-hari-kabartani

Pemupukan: Bagi yang mau menggunakan pupuk kimia, pemupukan dasar dilakukan pada saat tanam, pemupukan susulan pada umur 14 hari dan umur 35 hari setelah tanam.

3-bawang-merah-umur-32-hari-kabartaniPenyiangan: dilakukan minimal dua kali selama satu musim tanam, yaitu menjelang dilakukannya pemupukan susulan.

5-bawang-merah-umur-49-hari-kabartani

Pengendalian Hama dan penyakit

Pengendalian HPT dilakukan bila perlu saja yaitu bila terlihat gejala adanya serangga atau penyakit. Untuk mengendalikannya disemprotkan insektisida, pestisida dan fungisida sesuai dosis yang dianjurkan atau mencabut tanaman yang terkena penyakit agar tidak menular dan membakarnya.

4-tanaman-bawang-terkena-penyakit-kabartani

Simak juga Panduan Lengkap Menanam Bawang Merah Secara Hidroponik

Panen dan Pasca Panen

6-bawang-merah-umur-63-hari-kabartaniUntuk konsumsi, waktu panen ditandai dengan 60-70 % daun telah rebah, sedangkan untuk pembibitan ditandai dengan 90 % daun telah rebah. Panen dilakukan pada saat cuaca cerah.

Simak juga Membuat Zat Pengatur Tumbuh (ZPT) dari Bawang Merah

Ketika dipanen bawang merah diikat dalam ikatan-ikatan kecil (1-1,5 kg/ikat) kemudian dijemur selama 5-7 hari. Kemudian bawang dijemur dengan posis penjemuran bagian umbi diatas selama 3-4 hari. Pada penjemuran tahap kedua dilakukan pembersihan tanah dan kotoran. Bila sudah cukup kering (kadar air sudah 85 %) umbi merah siap dipasarkan atau disimpan di gudang.

7-pemanenan-bawang-merah-kabartani

Pemanen dilakukan dengan mencabut tanaman bawang merah dari tanah. Mudah saja mencabutnya karena akar tanaman tidak panjang dan tidak banyak. Hasilnya tidak besar-besar karena kurang nutrisi kali ya.

8-penjemuran-bawang-merah-kabartaniSetelah itu bawang merah hasil panen dijemur diterik matahari, rencananya dijemur dan diikat selama 3-4 hari baru disimpan sebagai bumbu dapur.

9-penyimpanan-bawang-merah-kabartani

Simak juga Panduan Praktis Budidaya Bawang Merah di Polybag

Demikianlah informasi mengenai Mudahnya Menanam Bawang Merah di Lahan Sempit. Semoga bermanfaat bagi sobat tani sekalian. Bagi anda yang memiliki pengalaman dalam budidaya Bawang Merah di lahan sempit, silahkan kirimkan artikel ke redaksi kami via emai di redaksi.kabartani@gmail.com.

Artikel Petani Rumahan: Mudahnya Menanam Bawang Merah di Lahan Sempit

Penulis : Sugeng Priyadi

Loading...

TIDAK ADA KOMENTAR

BERI BALASAN