Pembuatan Pupuk Kandang Kotoran Sapi

Pembuatan Pupuk Kandang Kotoran Sapi

1
SHARE

KABARTANI.COM-Disetiap budidaya tanaman, pemupukan sangat diperlukan dengan pemupukan kebutuhan unsur hara tanaman akan terpenuhi, unsur hara tersebut digunakan tanaman untuk tumbuh kembang tanaman.

Mengingat harga pupuk kimia yang semakin hari semakin melejit, maka pupuk kandang pun juga dapat dimanfaatkan untuk memenuhi unsur hara yang dibutuhkan tanaman, selain mudah didapat pupuk kandangpun juga ringan biaya.

Pupuk kandang termasuk pupuk alami karena berasal dari kotoran hewan, pupuk kandang dibedakan menjadi 3 yaitu

  1. Pupuk kandang padat, pupuk ini berasal dari fases atau kotoran hewan dari pencernaan
  2. Pupuk kandang cair, pupuk ini berasal dari air kencing hewan
  3. Pupuk kandang campur, pupuk ini berasal dari campuran fases, air kencing hewan ditambah dengan material lain seperti sekam padi, pada umumnya pupuk ini berbentuk lumpur

PUPUK KANDANG DARI KOTORAN SAPI

Untuk kali ini kabartani akan membahas pupuk kandang yang berasal dari kotoran sapi,  pada dasarnya kotoran sapi memiliki kandungan serat yang tinggi, serat atau selulosa merupakan senyawa rantai karbon yang akan mengalami proses dekomposisi lebih lanjut.

Proses dekomposisi senyawa tersebut memerlukan unsur N yang terdapat dalam kotoran, sehingga kotoran sapi tidak dianjurkan untuk diaplikasikan dalam bentuk segar, perlu pematangan atau pengomposan terlebih dahulu, jika pupuk diaplikasikan tanpa pengomposan terlebih dahulu, maka akan terjadi perebutan unsur N antara tanaman dengan proses dekomposisi kotoran.

Kotoran sapi selain memiliki serat, juga memiliki kadar air yang tinggi. Para petani sering menyebut kotoran sapi sebagai pupuk dingin. Kotoran sapi sudah dikomposkan dengan sempurna atau sudah matang jika pupuk berwarna hitam gelap, dengan tekstur gembur, suhu dingin, tidak berbau, dan tidak lengket.

Demikianlah pemanfaatan kotoran sapi sebagai pupuk kandang, semoga dapat bermanfaat.