Bagikan

Kabartani.com –┬áDisekitar kita banyak sekali tanaman herbal yang bisa kita manfaatkan sebagai obat herbal, bahkan nenek moyang kita dahulu meninggalkan warisan budaya dalam pemanfaatan tanaman obat. Salah satunya Jamu herbal yang bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, pencegahan dan penyembuhan penyakit serta pemulihan kesehatan.

Ramuan herbal tak hanya dikonsumsi oleh manusia saja, tetapi juga bisa digunakan untuk hewan ternak kita, salah satunya yaitu ayam. Bahkan, peternak di Cina sudah lama memanfaatkan ramuan tradisional dari bahan tanaman herbal sebagai “feed additive”.

Polisakarida yang terdapat di dalam herbal merupakan komponen penting sebagai “immuno modulator” sehingga “immuno aktif polysaccarides” digunakan sebagai feed addive dalam ransum unggas atau air minum.

Disamping itu ramuan herbal yang terdiri atas bahan-bahan pilihan dibuat jamu melalui proses fermentasi telah diuji pada ternak unggas (ayam broiler). Jamu herbal tersebut dapat digunakan sebagai probiotik, pengganti antibiotik yang biasa diberikan oleh peternak melalui air minum, sehingga diperoleh produk daging ayam organik yang aman dan bebas residu antibiotik.

Manfaat dari Ramuan Herbal bagi Ayam

  • Meningkatkan daya tahan ternak terhadap stress dan penyakit,
  • Meningkatkan kualitas daging ayam,
  • Menekan mortalitas ayam selama pemeliharaan.Tidak diperlukan imbuhan antibiotik & antistress lain dalam air minum,
  • Ramah lingkungan, mengurangi bau amonia kotoran/ kandang,
  • Kotoran ayam lebih kering,
  • Dihasilkan produk ayam organik aman dikonsumsi dan bebas residu antibiotik.

Formula Ramuan Herbal

Formula ramuan herbal yang digunakan bervariasi, dari berbagai kombinasi jenis tanaman herbal. Dalam aplikasi hasil uji Jamu Ramuan Herbal untuk Ayam Organik terdiri atas Kencur, Temulawak, Lengkuas, Kunyit, Sambiloto, Daun Sirih, Buah Mojopahit, Cabe Jawa, Jahe merah dan Bawang putih dan lain-lain.

Setiap 1 kg ramuan herbal, diambil sarinya, ditambahkan molases atau gula merah (125 ml) dan mikroba starter (125 ml), dan air sampai volume menjadi 10 Liter, Kemudian difermentasi anaerob selama 6 hari. Setelah 6 hari larutan jamu herbal dapat digunakan untuk ternak unggas dengan dosis 5 ml per liter air minum. Jamu herbal ini dapat disimpan selama 6 bulan pada suhu ruang.

Kinerja dan Kualitas Karkas Ayam Organik (Pedaging)

Parameter Ramuan Herbal Kontrol
Rasio konversi pakan 1.76 1.78
Bobot umur 5 minggu (gr/ekor) 1616 1608
Mortalitas ayam (%) 2 6
Bobot karkas (%) 68.62 68.59
Bobot lemak abdominal (%) 3.30 3.60
Performa fisik karkas eksternal Putih segar mengkilap Kekuningan
Palpasi karkas Agak kencang Kendor
Hasil parting (irisan daging) Serat rapat Serat kurang rapat
Aroma Segar Agak anyir

Simak juga:

Loading...

BERI BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here