Ramuan Tradisional Untuk Mengobati Penyakit Yang Menyerang Ikan Lele

Ramuan Tradisional Untuk Mengobati Penyakit Yang Menyerang Ikan Lele

0
SHARE

KABARTANI.COM-Dalam setiap budidaya ikan lele, pasti selalu ada bermacam kendala yang sering menyerang ikan lele dan salah satunya adalah timbulnya penyakit dan beberapa hama yang sering menyerang.

Dalam pembahasan ini kami akan menjelaskan tentang kendala budidaya ikan lele yang disebabkab oleh adanya jamur (Cendawan), pada umumnya jamur ini tidak hanya menyerang ikan lele, melainkan semua jenis ikan air tawar.tetapi dalam pokok pembahasan ini kami akan menjelaskan jamur yang menyerang ikan lele dan bagaimana cara untuk mengendalikannya.

Penyakit  jamur  (Cendawan) pada umunya menyerang ikan lele pada kolam organik, penyakit jamur ini tidak menyerang ikan lele yang sehat, dan hanya menyerang ikan lele yang sedang sakit atau terluka serta kondisi ikan yang lemah dapat mudah terkena penyakit jamur ini.

Timbulnya penyakit jenis jamur ini biasanya disertai ciri-ciri munculnya serabut putih seperti kapas disekitar bagian tubuh ikan yang terluka,  dibeberapa jenis ikan air tawar yang lainnya juga bisa terkena penyakit jenis jamur ini.

Cara Untuk mengendalikan penyakit jamur ini adalah dengan ramuan tradisional dengan racikan komposisi sebagai berikut :

  1. Garam dapur sebanyak 1 kg per 25 m2
  2. 5 liter air bersih
  3. 1 botol cuka

Caranya semua bahan – bahan diatas dicampur menjadi satu kemudian ditaburkan secara merata pada kolam ikan organik, ramuan ini juga bisa digunakan pada kolam jenis ikan air tawar lainnya, semoga yang sedikit ini dapat bermanfaat.