Reformasi Pertanian Solusi Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Petani

    Reformasi Pertanian Solusi Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Petani

    0
    SHARE

    KABARTANI.COM-Jakarta. Dalam upaya umtuk mengurangi angka kemiskinan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat pemerintah akan melakukan reformasi pertanian. Selama ini pertanian di Indonesia belum dikembangkan secara maksimal. Menurut Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution langkah reformasi pertanian merupakan cara yang jitu dan sangat tepat untuk dilakukan.

    Melalui reformasi di bidang pertanian tersebut pemerintah akan memperoleh gambaran kemiskinan yang ada di Indonesia, khususnya kalangan petani. Oleh sebab itu demi menyukseskan tersebut pemerintah juga menggandeng Badan Pusat Statistik Dan Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K)

    Dalam menentukan tingkat kemiskinan perlu adanya parameter untuk menentukan kategori miskin atau hampir miski. Selain sebagai pengembangan pertanian data yang diperoleh juga digunakan untuk acuan penyaluran bantuan pemerintah. Hal tersebut diutarakan oleh darmin Nasution Pada hari kemari 14 april 2016.

    Parameter tersebut akan dibedakan antar mana yang benar benar miskin dan yang mendekati miskin, sewhingga dengan data yang didapat pemerintah akan lebih mudah menentukan langkah pengembangan pertanian, selain itu data tersebut juga akan digunakan untuk menentukan subsidi pupuk, rastra, dan raskin.

    Dengan menggandeng BPS pemerintah akan sangat mudah dalam mendapatkan data masyarakat yang tergolong miskin.Data tersebut akan dijadikan pedoman pemerintah dalam menyelesaikan  m,asalah kemiskinan di Indonesia.

    Indonesia sudah seharusnya untuk segera mereformasi pertnian, sihingga perlu banyak yang harus diketahui untuk mewujudkan Reformasi Pertanian tersebut.