Rekomendasi Dalam Pemberian Pakan Lele Yang Tepat

Rekomendasi Dalam Pemberian Pakan Lele Yang Tepat

0
Bagikan

Kabartani.com – Mari kita bahas rekomendasi dalam pemberian pakan lele yang tepat. Dibawah ini sudah saya rangkum beberapa pendapat dari berbagai peternak ikan dari berbagai daerah.

Berdasarkan referensi dari berbagai sumber, cara pemberian pelet adalah sebagai berikut:

Pelet dibasahi terlebih dahulu agar tidak melukai mulut lele. Pelet dapat di bibis menggunakan air hangat, jika sudah tunggu beberapa menit. Jika pelet sudah mengembang bisa langsung sebar ke kolam lele.

Sekali anda membuat jadwal pemberian pakan, janganlah anda mengantinya. Rutin dilakukan pada jam yang sama.

Ukuran pelet disesuaikan ukuran mulut lele. Untuk pelet terapung, pelet ditebar ke berbagai titik. Untuk pelet tenggelam, pelet ditebar ke satu titik.

Pemberian pelet dihentikan saat terlihat tidak terlalu banyak lele yang makan. Hentikan pemberian pelet ketika lele sudah terlihat malas-malasan makan.

Jangan sampai ada pelet yang tidak termakan lele karena akan menjadi amoniak sehingga merusak kualitas air.

Pola jam / waktu pemberian pakan harus seragam sejak penaburan benih sampai dengan panen.

Jangan mengganggu (mengobak-obak air kolam) lele sesaat setelah makan. Bisa menimbulkan stres, dan pakan bisa dimuntahkan kembali.

Jangan berikan pakan saat akan turun hujan. Namun juga jangan berikan pakan terlalu pagi, karena dapat menimbulkan radang insang. Pemberian pakan dianjurkan jika kolam sudah terkena sinar matahari.

ALASAN UTAMA kenapa rentan pemberian pakan pada waktu malam semakin sedikit, padahal ikan lele itu noctural (aktif pada malam hari), iya itu memang benar kalau ikan lelenya di sungai. Ini kan budidaya, jumlah tebarnya banyak. Penyakit juga bakal numpuk. Kondisi perairan saat malam hari , zat-zat beracun akan mengendap.

Tanpa adanya sinar matahari yang cukup zat racun dalam air tidak terurai secara sempurna. Makannya tidak baik memberi makan di atas jam 08.00 KECUALI sistem budidaya yang anda gunakan istimewa.

Pemberian pakan lele adalah 3-6 % per hari dari jumlah berat lele. Misal saya gunakan 3000 ekor lele dengan jumlah pakan 4% sehari, dibagi 3 kali pemberian pakan. Analisis pemberian makanan lele jumlah 3000 ekor, dengan ukuran awal 6-8. Dengan jumlah 4% per Hari dari bobot ikan.

Simak juga Cara Budidaya Lele Sangkuriang di Kolam Terpal

Demikian informasi rekomendasi dalam pemberian pakan lele yang baik. Semoga bermanfaat bagi sobat tani sekalian yang sedang mengalami permasalahan dan bingung dalam pemberian pakan untuk ikan lele.

Bagi anda yang bingung dan ingin share pengalaman silakan komentar di bawah terima kasih.

Loading...

TIDAK ADA KOMENTAR

BERI BALASAN