Featured Pemanfaatan Website untuk Kemajuan Bidang Pertanian

    Pemanfaatan Website untuk Kemajuan Bidang Pertanian

    0
    Bagikan

    Hallo sobat tani, khusus edisi kali ini saya akan membahas mengenai pemanfaatan kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam dunia pertanian. Pesatnya perkembangan teknologi akhir-akhir ini berdampak pada banyaknya media komunikasi yang dapat digunakan dalam mendiseminasikan informasi pertanian. Salah satu media komunikasi yang dapat digunakan adalah komunikasi dunia maya atau media internet.

    Kemajuan TIK berpotensi menjadi peluang yang besar bagi pelaku pembangunan pertanian. Ada anggapan bahwa internet itu merupakan gudangnya informasi. Pernyataan tersebut memang benar, namun dimanakah informasi itu berada? Disanalah sebuah website berperan, mereka menyediakan berbagai informasi yang bisa diakses oleh siapa saja dengan menggunakan internet. Tapi sebenarnya apa sih pengertian website itu?

    Secara sederhana website dapat diartikan sebagai kumpulan halaman yang berisi informasi baik itu berupa teks, gambar, video atau hal lainnya.

    Apa Manfaat Website bagi Dunia Pertanian?

    Dalam dunia pertanian, memanfaatan website dapat kita gunakan untuk media berbagi informasi penting yang dibutuhkan oleh petani, antara lain informasi pasar, teknik terbaru dan teknologi pertanian, peramalan cuaca, teknologi pengolahan pasca panen, berita pertanian, informasi tentang asuransi/klaim pengolahan, harga input dan ketersediaan, manajemen penyakit dan hama, serta sarana untuk memasarkan hasil pertanian.

    Apakah membuat website itu sulit?

    Dulu, bagi orang awam mungkin terasa sulit, namun seiring perkembangan zaman, berbagai teknologi dan inovasi terus dilakukan guna mempermudah orang awam yang tidak memiliki basic pemrograman bisa membuat website sendiri.

    Apa yang diperlukan dalam membuat website

    Untuk membuat suatu website yang perlu disiapkan adalah domain + hosting. Apa itu domain dan hosting? domain adalah nama unik yang akan Anda gunakan dalam internet, contohnya yaitu kabartani.com, dan lain sebagainya.

    Tips dalam memilih Domain

    • Pilih nama domain yang singkat, mudah diingat dan diucapkan
    • Pilih nama domain yang memiliki arti brand/produk Anda
    • Hanya gunakan nomor sebagai pilihan terakhir

    Setelah anda menentukan nama domain yang akan digunakan, langkah selanjutnya yaitu memilih hosting yang tepat. Ada banyak sekali penyedia layanan hosting, baik dalam maupun dari luar negeri. Untuk hosting Indonesia diantaranya yaitu Niagahoster, DomaiNesia, MasterWeb, Jagoanhosting, Rumahweb, Dewaweb dan lain sebagainya.

    Harga yang ditawarkan pun beragam, disesuaikan dengan kebutuhan klien-nya. Bahkan ada yang sudah menyediakan paket domain + hosting beserta fasilitas tambahan lainnya.

    Jika sobat tani bingung memilih penyedia hosting yang tepat, saya merekomendasikan menggunakan Niagahoster sebagai solusi bagi web anda. Pasti sobat tani bertanya, mengapa memilih Niagahoster? alasannya yaitu:

    1. Data Center Bersertifikat Tier-4

    Sudah tak dipungkiri lagi, kecepatan suatu website sangat mempengaruhi kepuasan bagi pengunjungnya. Nah, disini Niagahoster berani menyedia layanan hosting murah, namun tak mengesampingkan kualitas. Jika dilihat dari paket hosting kelas bisnis misalnya, Niagahoster mengatakan menggunakan data center bersertifikasi tier-4 dari DCI Indonesia.

    Data center merupakan sebuah tempat khusus (server) yang digunakan untuk menampung komunikasi data-data komputer secara terpusat pada satu tempat. Dalam data center ini terdapat ratusan ribu bahkan jutaan server yang menyimpan semua data secara online selama 24 jam x 7 hari. Setiap alamat website di internet memiliki data center mereka sendiri, bila data center bermasalah, maka secara otomatis semua website yang berpusat pada data center tersebut juga akan ikut bermasalah.

    Seperti apa keunggulannya? data center Tier-4 berstandar Internasional & merupakan bagian dari Equinix penyedia data center terbaik di Dunia yang berkualitas tinggi dan handal dengan jaminan uptime 99.999%. Data center Tier-4 juga biasa digunakan oleh raksasa internet global seperti Google, Facebook, dan lainnya.

    Disamping itu pemilihan lokasi server juga sangat penting, bagi sobat tani yang menyasar target pengunjung (visitor) dari Indonesia, tentu sangat disarankan untuk menggunakan server yang berada di Indonesia. Selain itu, websitenya juga akan terasa semakin cepat jika diakses dari Indonesia.

    Sedangkan untuk klien yang menginginkan akses cepat dari Indonesia dan luar negeri, maka sangat disarankan untuk menggunakan server yang berada di Singapura. Server Singapura memiliki akses yang cepat baik dari dalam maupun luar negeri.

    2. Harga Paket Hosting yang Relatif Murah

    Dari segi harga yang ditawarkan Niagahoster memang relatif murah dari semua penyedia layanan Hosting IIX Unlimited dan domain murah yang ada di Indonesia. Dengan didukung fitur tambahan seperti berikut ini.

    3. Pilihan Hosting yang Fleksibel

    Niagahoster menawarkan dua level hosting plans, yaitu shared hosting dan VPS. Jika perkembangan website Anda terus mengalami peningkatan dan membutuhkan resource yang lebih besar, Anda dapat meng-upgrade hosting kapanpun dengan mudah, tinggal hubungi pihak Niagahoster, mereka pasti akan membantu.

    Perbedaan antara Shared Hosting vs VPS Hosting adalah dari harganya, karena harga menentukan spesifikasi server yang digunakan. Shared hosting jauh lebih murah dari pada VPS, sedangkan penggunaan VPS akan terasa berguna ketika website Anda membutuhkan resource yang lebih besar. Oleh karena itu untuk permulaan, saya sarankan anda memilih paket shared hosting terlebih dahulu, toh nantinya juga bisa upgrade ke VPS kapanpun.

    4. Help Support dan Ebook Panduan Gratis

    Nah, di fasilitas ini saya sangat mengapresiasi upaya dari tim Niagahoster dalam memberikan pelayanan terbaiknya kepada para pelanggannya. Tak hanya sekedar menyediakan paket hosting saja, mereka juga turut membantu supaya pelanggannya mampu mengembangkan websitenya masing-masing agar lebih produktif dengan menyediakan ebook-ebook menarik.

    Seperti ebook tentang bagaimana cara menghasilkan uang dari blog, 98 tips meroketkan penjualan melalui website, cara bisnis online tanpa punya produk sendiri, panduan Facebook Ads untuk pemula, panduan SEO, dan masih banyak lagi.

    Seluruh ebook tersebut bisa didapatkan secara gratis. Selain itu mereka juga menyediakan panduan dasar (knowledgebase) yang sangat lengkap sekali.

    5. Keamanan Super Cerdas dari Bitninja

    Dari segi keamanan, sama seperti Domainesia, Niagahoster juga memberikan fasilitas keamanan dari BitNinja. Apa itu BitNinja? BitNinja merupakan tools keamanan cerdas untuk melindungi dan memelihara server Anda dari berbagai serangan. BitNinja melakukan perlindungan, baik dari botnet, melindungi dari serangan DDos, serangan spam bahkan mengamankan jaringan Anda.

    Selain itu, ada juga fasilitas SSL Certificate (Secured Socket Layer), ini digunakan untuk mengamankan transmisi data melalui situs web. Transmisi data seperti informasi kartu kredit, nama pengguna dan password account, semua informasi sensitif lain harus diamankan untuk mencegah eavesdropping, pencurian data pada saat proses transaksi online, dan lain-lain. Jika anda membuat website toko online, fasilitas ini wajib digunakan demi keamanan dan kepercayaan bisnis dan toko online Anda.

    6. Bantuan Pelanggan 24 Jam Nonstop

    Untuk mengetahui seberapa cepat respon dari para cs nya, saya coba melakukan komunikasi melalui fitur “Live Chat”. Dan hasilnya cukup memuaskan, kurang dari semenit langsung ada tanggapan, ini menunjukkan mereka selalu standby. Jadi jangan sungkan untuk bertanya-tanya dulu kepada cs-nya jika anda masih merasa ragu.

    Bantuan tim teknis dari Niagahoster bekerja 24 jam nonstop untuk memastikan domain dan website Anda aktif dan berjalan secepatnya. Tak hanya live chat saja yang melayani selama 24 jam nonstop, via telepon pun juga sama.

    7. Jaminan 30 Hari Uang Kembali

    Niagahoster berani memberikan garansi 30 hari uang kembali, artinya selama 30 hari pemakaian jika Anda merasa tidak puas dengan layanan web hosting yang mereka, Niagahoster akan mengembalikan uang Anda.

    Selain itu, domain gratis selamanya juga mereka berikan jika anda membeli paket hosting pelajar, personal dan bisnis, baik yang memakai server Indonesia maupun Singapura.

    8. Program Afiliasi Indonesia

    Dengan menggunakan hosting dari Niagahoster, Anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan tak terbatas dari program afiliasi dari mereka. Komisi 70% langsung akan mereka berikan.

    Cara kerjanya pun sangat mudah sekali, pertama kamu perlu mendaftar dulu program afiliasi, setelah itu kamu akan mendapatkan kode unik dalam bentuk kupon maupun banner referral yang bisa dibagikan ke teman-temanmu. Jika ada teman kamu yang menggunakan kode kupon maupaun referral yang kamu bagikan, komisi 70% langsung mendarat ke akun kamu dan bisa dicairkan.

    9. Beragam Promo Menarik

    Tak dipungkiri, diskon menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi pelanggan yang hendak membeli. Untuk diskon yang diberikan Niagahoster cukup lumayan juga sih, kebanyakan paket hosting yang mereka tawarkan sudah include dengan diskon.

    Untuk paket hosting personal saja yang harganya 67.800/bulan setelah didiskon, itu sudah termasuk domain gratis domain selamanya

    10. Mudah Membuat Website dengan Auto Deploy

    Ini nih fitur yang paling mantaaap bagi anda yang masih awam dalam membuat website, yakni fitur “Auto Deploy”. Bagi anda yang ingin membuat website sendiri dengan CMS WordPress bisa dilakukan dalam sekejap!, cms wordpress otomatis terinstall begitu hosting Anda diaktifkan.

    Dengan memanfaatkan fitur ini anda tak perlu repot-repot melakukan instalasi secara manual, anda hanya perlu melakukan 2 step saja dan website anda pun sudah aktif dan bisa digunakan.

    Kesimpulannya:

    Saat ini berbagai macam bisnis sudah semakin menyesuaikan dengan kemajuan teknologi informasi. Pola bisnis konvensional sudah mulai banyak ditinggalkan dan beralih ke pemasaran melalui dunia internet. Hal ini memang sangat wajar, mengingat internet bisa menjadi pangsa pasar yang menggiurkan karena jangkauannya yang sangat luas.

    Berhubungan dengan internet tak lepas dari website dan hosting. Dari sekian banyak penyedia layanan hosting yang ada di Indonesia, Niagahoster sangat tepat menjadi mitra bagi anda yang ingin memulai bisnis online dengan produk di sektor pertanian. Apalagi pertumbuhan penguna internet di Indonesia terus mengalami peningkatan.

    Dari sudut pandangan saya, tentu harga yang ditawarkan sudah sangat bersaing, kualitas hosting dan pelayanannya juga sudah sangat baik, model bisnisnya sudah sehat dan yang terpenting adalah program “CSR” seperti bagi-bagi ebook gratis dan mengadakan event bagi UKM tentunya sangat bermanfaat. Jadi, untuk sobat tani yang ingin punya website sendiri untuk keperluan branding atau untuk usaha, Niagahoster adalah pilihan hosting terbaik.

    Loading...

    BERI BALASAN

    Please enter your comment!
    Please enter your name here