Selain Untuk Kesehatan, Tanaman Berenuk Juga Dapat Mencegah Hama Tanaman

Selain Untuk Kesehatan, Tanaman Berenuk Juga Dapat Mencegah Hama Tanaman

0
SHARE

Kabartani.com – Berenuk dapat digunakan untuk mengendalikan hama tikus dan Kutu Daun atau wereng. Manfaat Tanaman Berenuk yang paling besar banyak digunakan pada kesehatan, tetapi diluar itu ternyata berenuk juga dapat digunakan untuk pertanian khususnya untuk mencegah hama seperti tikus, kutu daun atau wereng

Sebelumnya berenuk adalah tanaman yang diduga berasal dari Amerika serikat, Tanaman ini bernama latin Crescentia Cujete, tanaman berenuk adalah tanaman buah, dimana buah berenuk memiliki rasa yang sangat pekat dan pahit.

Dibalik rasanya yang pekat dan pahit berenuk memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan maupun untuk pertanian, Kandungan Zat yang ada pada tanaman berenuk diantaranya saponin, Polifenol, dan Flavonoid dan Alkaloid. kandungan tersebut yang dapat dimanfaatkan baik untuk kesehatan maupun menanggulangi hama.

Dilihat dari sisi kesehatan

Daun Berenuk bermanfaat untuk menyembuhkan Hipertensi caranya daun berenuk direbus kemudian disaring airnya, air saringan tersebut diminum pagi dan sore hari rutin sampai keadaan membaik.

selain itu daun berenuk juga dapat digunakan untuk mempercepat penyembuhan luka. Caranya daun berenuk dihaluskan kemudian ditempelkan pada bagian yang luka.

Adapun manfaat dari buah berenuk dapat digunakan untuk mengobati penyakit seperti :

  • Mengobati Bronkitis
  • Dapat sebagai peluruh air seni
  • Memperlancar Pernafasan Dan Mengobati Asma
  • Mengatasi Flu
  • Menyembuhkan sakit perut yang melilit
  • Mengobati dan mencegah diare

Baca Juga : Manfaat Dan Khasiat Bunga Telang Untuk Kesehatan

Dilihat dari segi pertanian

Tanaman Berenuk dapat dimanfaatkan untuk mengendalikan hama seperti Tikus, Kutu Daun atau wereng. Caranya bagian tanaman yang dapat digunakan untuk mencegah hama hanyalah buahnya, dikarenakan pada bagian buah mengandung ini mengandung Zat Alkaloid yang memiliki rasa yang pekat dan sangat pahit, sehingga rasa ini tidak disukai hama tikus.

Untuk pengaplikasiannya buah Berenuk dihaluskan sampai halus kemudian dicampur dengan sedikit air, setelah itu kita peras kita ambil air perasan tersebut, kita gunakan air perasan tersebut untuk dicampur dengan umpan untuk memancing tikus, agar tikus memakannya, biasanya tikus yang terkena umpan ini dalam beberapa menit tikus akan mabuk, sehingga dengan mudah kita dapat membunuhnya.

sedangkan untuk mencegah hama kutu daun pada tanaman, kita bisa gunakan air perasan seperti yang diatas dicampur dengan air secukupnya kemudian disemprotkan pada daun tanaman yang diserang kutu daun tersebut, lakukan penyemprotan sampai benar – benar kutu daun tidak menyerang lagi

Baca Juga :

Demikianlah sedikit manfaat tanaman berenuk untuk kesehatan dan untuk pertanian, semoga yang sedikit diatas dapat bermanfaat.