Selamat Hari Pahlawan Untuk Kalian Sang Pahlawan Pangan Nasional

    Selamat Hari Pahlawan Untuk Kalian Sang Pahlawan Pangan Nasional

    0
    SHARE

    KABARTANI.COM – Selamat Hari Pahlawan Untuk Kalian Sang Pahlawan Pangan. Dengan kondisi hidup yang serba biasa, Petani sangat pantas untuk  dianugerah gelar “Pahlawan Pangan”. Itu sebab nya, kalau kita ingin menjadikan Petani selaku anak bangsa yang bermartabat, maka jangan pernah ragu untuk melakukan pembelaan dan perlindungan terhadap mereka. Petani benar-benar sebuah profesi yang sangat terhormat. Bukan saja para petani mampu mengharumkan bangsa dan negara di panggung dunia, namun mereka pun dapat memenuhi kebutuhan pangan pokok ratusan juta rakyat Indonesia.

    Pemikiran yang menyatakan petani layak disebut selaku pahlawan pangan, jelas bukan hal yang mengada-ada atau sengaja diada-adakan. Apa yang kita raih tahun 1984 adalah bukti nyata mengapa sebutan diatas pantas diberikan kepada petani. Kisah sukses swasembada beras yang menyebabkan Indonesia dikukuhkan lewat Sidang FAO di Roma, Italia 29 tahun silam, sebagai bangsa yang mampu memenuhi kebutuhan pangan pokok nya sendiri, tentu saja cukup membuat kaget banyak negara di dunia.

    Selain terekam kekaguman mereka atas prestasi yang kita raih, ternyata mereka pun seperti yang tidak percaya terhadap apa yang kita raih. Semua ini beralasan, karena mereka tahu persis, Indonesia tercatat sebagai importir beras terbesar di dunia. Jadi, cukup mengejutkan, importir beras terbesar di dunia, tiba-tiba mampu berswasembada beras. Kejadian ini menjadi semakin monumental, karena bersamaan dengan keberhasilan swasembada beras, ternyata Indonesia pun mampu memberi bantuan pangan kepada bangsa Ethopia yang saat itu sedang dilanda krisis pangan dan bencana kelaparan.

    Yang membuat kita nelangsa, mengapa yang nama nya petani seringkali terkorbankan oleh laju nya pembangunan. Petani seperti yang tak berdaya dalam mengarungi kehidupan nya. Petani terkesan hanya dijadikan alat guna memberi makan orang kota. Bahkan sekedar untuk melahirkan Undang Undang yang berkaitan dengan perlindungan dan pemberdayaan petani pun, kita saksikan terjadi nya perdebatan yang tidak produktif antara kalangan DPR dengan jajaran Pemerintah.

    Bukan hanya itu saja, tapi jika kita telaah kebijakan Pemerintah yang digelindingkan di sektor pertanian, ternyata hingga kini, belum ada satu pun program yang mampu memberi jaminan kepada para petani agar hidupnya layak. Kita tidak pernah melihat ada kebijakan Pemerintah yang betul-betul mampu memberi keyakinan bahwa berkiprah menjadi petani di negeri ini bakal memberi keberkahan bagi perwujudan kesejahteraan.

    Pernyataan bahwa petani adalah pahlawan pangan, rasa nya perlu dijadikan titik kuat Pemerintah dalam merumuskan pembangunan yang bakal ditempuh nya. Oleh karena itu, suatu kekeliruan yang sangat besar, jika masih ada kehendak untuk meminggirkan petani dari panggung pembangunan. Hal ini penting dicatat, karena telah menjadi tugas dan kewajiban kita bersama untuk mensejahterakan petani. Mari kita hormati kedudukan petani selaku pahlawan pangan.

    Sumber: suararakyat