Pertanian Hama Pertanian Semut Rangrang Sebagai Pestisida Alami yang Efektif dan Murah

Semut Rangrang Sebagai Pestisida Alami yang Efektif dan Murah

0
Bagikan
Semut Rangrang Sebagai Pestisida Alami yang Efektif dan Murah - Kabartani

Kabartani.com – Tahukah Anda, bahwa Semut Rangrang bisa dimanfaatkan sebagai pestisida alami yang efektif dan murah? Memang beberapa semut ada yang dianggap sebagai hama pada tanaman oleh petani.

Namun, semut rangrang dari genus Oecophylla banyak dimanfaatkan oleh petani di beberapa negara untuk pengendali hama, sehingga mampu meningkatkan hasil pertanian bagi petani dari serangan hama tanaman.

Berdasarkan hasil studi yang dipublikasikan di Journal of Applied Ecology, jenis semut ini merupakan contoh terbaik yang pernah didokumentasikan sebagai pengendali hama alami pada pertanian terbuka. Efisiensi semut rangrang bersaing dengan pestisida kimia.

Simak juga Budidaya Semut Jepang Sendiri Untuk Pengobatan

Gagasan untuk memanfaatkan semut rangrang sebagai biokontrol sebenarnya bukanlah hal baru. Sekitar 1.700 tahun lalu, para petani di Tiongkok membeli semut-semut untuk dilepaskan di kebun jeruk mereka.

Kemudian pada tahun 2008, ketika penelitian menemukan bahwa semut rangrang dapat memakan dan membersihkan hama secara efektif dan tentunya lebih murah dibanding menggunakan pestisida kimia, pendapatan bersih petani jadi meningkat hingga 71%. Kemudian ribuan petani di Vietnam mulai beralih memanfaatkan semut rangrang sebagai pestisida alami untuk tanaman kacang mete mereka.

Kini, berdasarkan hasil studi terbaru, semut rangrang dapat mengurangi jumlah hama dan kerusakan yang diakibatkannya, sehingga dapat meningkatkan hasil panen berbeda. Beberapa penelitian lain menemukan bahwa semut lebih efektif dari pada pestisida kimia.

Simak juga Cara Budidaya Semut Rangrang, Mudah Dan Menguntungkan

Terlebih lagi, semut rangrang bukanlah satu-satunya biokontrol yang dapat digunakan sebagai pestisida organik. Ada hampir 13.000 spesies semut lain yang juga dapat digunakan sebagai pengendali hama secara alami. Ada pula beberapa spesies semut yang menunjukkan potensi untuk mengendalikan hama arthropada, gulma dan penyakit tanaman.

(Sumber: IFL Science)

Loading...

BERI BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here