SobatTani, Gotong Royong Pertanian di Era Digital

SobatTani, Gotong Royong Pertanian di Era Digital

0
SHARE
SobatTani, Gotong Royong Pertanian di Era Digital - Kabartani.com

KABARTANI.com, Di tengah iklim tropis dan keanekaragaman hayati, pertanian merupakan salah satu potensi terbesar yang dimiliki oleh Indonesia. Selain itu, berdasarkan penelitian Badan Pusat Statisik pada tahun 2014, jumlah jumlah tenaga kerja di bidang pertanian mencapai 40,83% atau sekitar 48 juta jiwa.

Namun sayang sekali, potensi ini masih belum optimal pemanfaatannya, salah satunya disebabkan belum terintegrasinya informasi terkait pertanian yang tersebar di penjuru Nusantara. Akibatnya, perkembangan pertanian menjadi kurang signifikan dari masa ke masa.

Berangkat dari keresahan tersebut ditambah kesadaran akan potensi tingginya tingkat penggunaan internet di Indonesia, hadirlah SobatTani, sebuah mobile application yang dapat menjadi solusi dari permasalahan ini. Aplikasi yang berbasis android ini dibuat dengan tujuan membantu petani Indonesia dengan cara menjembatani informasi dari setiap pihak terkait.

Aplikasi Sobattani - Kabartani.com
Aplikasi Sobattani

Berbagai fitur yang dihadirkan oleh SobatTani dapat digunakan para penggiat pertanian seperti petani, penyuluh pertanian lapangan, pemerintah, toko pertanian/pihak swasta lainnya, agronomis, dan masyarakat umum dalam menjalankan aktivitas terkait pertanian.

SobatTani membuka peluang terjadinya transaksi pertanian baik antara petani dengan konsumen, antarpebisnis pertanian, pebisnis pertanian dengan pemerintah, konsumen dengan pemerintah, dan antarkonsumen.

Informasi Pertanian Aktual dan Terintegrasi

Melalui fitur peta persebaran penggiat pertanian, pemetaan permasalahan budidaya tanaman, serta forum diskusi melalui chatting, semua pihak terkait dapat saling bertukar informasi mengenai bidang olahannya masing-masing untuk kebutuhan pihak lain dan juga mereka sendiri.

Informasi tersebut di antaranya berisi mengenai agronomi, penggunaan pestisida, benih, pupuk, asuransi, pengolahan hasil pertanian dan sebagainya.

Sebagai contoh, pengguna dapat berbagi informasi tentang hama yang sedang mewabah sehingga petani lain dapat mengantisipasi hal tersebut.

Fitur ini membuka peluang yang sangat besar untuk saling mengedukasi melalui pertukaran informasi yang dibutuhkan berdasarkan pengalaman di lokasi masing-masing. Proses ini menjadi semakin genap karena mengintegrasikan informasi dari kalangan praktisi, akademisi, maupun birokasi.

Tak hanya itu, melalui fitur informasi cuaca, petani dapat mengantisipasi dan mengoptimalkan budidaya tanaman berdasarkan pertimbangan cuaca.

Membuka Peluang Bisnis Pertanian Aneka Jalur dengan Cepat

Melalui fitur forum jual beli yang dapat diikuti oleh petani, konsumen, dan pihak swasta lainnya, dapat membuka peluang bisnis pertanian yang melalui aneka jalur dengan sangat cepat. Selain itu, informasi yang diperoleh pun akurat dan terpercaya karena pengguna aplikasi dapat berkomunikasi langsung dengan pihak terkait mulai dari ketersediaan, kualitas, harga, dan distribusi produk.

Pengembang aplikasi yang terdiri dari Rio Reyno Elia, Yogie Setiafriawan, Daniel Fanny Judika sangat berharap SobatTani dapat menjadi ‘sahabat’ yang senantiasa membantu para penggiat pertanian Indonesia.

Melalui semangat gotong royong yang diusung, rasanya tak berlebihan jika dikatakan aplikasi SobatTani dapat menjadi kontributor dalam ketersediaan pangan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia yang berkelanjutan. Dan tentunya hal yang paling menarik adalah, hal ini dapat dicapai melalui genggaman kita sehingga dapat mengefisiensi waktu dan biaya transportasi.

Sejak peluncurannya pada Januari 2016 lalu, SobatTani telah diunduh oleh 500 penggiat pertanian yang tersebar di penjuru Nusantara. Semakin banyak yang menggunakan aplikasi ini, maka peluang kebermanfaatannya akan semakin besar.

SobatTani, gotong royong pertanian di era digital. Dari kita, untuk kita, menuju pertanian Indonesia yang lebih baik.

Aplikasi SobatTani bisa anda unduk di Google Play Store atau klik DISINI.

Penting: Perlu Sobat Tani ingat, aplikasi ini hanya berjalan pada ponsel berbasis Android saja. Sebelum menjalankan aplikasi ini, usahakan GPS anda sudah aktif yaaa…

Penulis:

Listia Rahmandaru G. Penggiat komunitas berkebun Indonesia, serta pemerhati dan pengguna aktif aplikasi mobile.

Telp: 08562004308

Email: listia.rahmandaru@yahoo.co.id

Website: listiarahmandaru.wordpress.com