Suplemen MSG3 Mampu Hasilkan Kambing Lebih Berdaging dan Berkualitas

Suplemen MSG3 Mampu Hasilkan Kambing Lebih Berdaging dan Berkualitas

0
SHARE

KABARTANI.COM – Kebanyakan peternak kambing pasti selalu memberikan pakan kambingnya dengan dedaunan segar, tapi hal tersebut ternyata tak berlaku pada kambing milik Maulana Surya Gemilang mahasiswa S1 Agribisnis Institut Pertanian Bogor (IPB). Secara kasat mata, kambing itu seperti kambing pada umumnya, tapi yang membedakan kambing itu ternyata gemar makan pakan kering seperti daun bawang, daun jati dan berbagai jenis dedaunan kering lainnya.

Menurut Alan, panggilan akrab pemuda asal Brebes itu, kambingnya tersebut doyan melahap pakan kering, karena pola pakannya telah diubah dengan bantuan suplemen MSG3 yang baru diciptakannya pada bulan Januari lalu.

Alan mengatakan, alasan dirinya menciptakan suplemen MSG 3 tersebut berawal ketika dirinya mendapati limbah bawang merah berupa daun kering yang melimpah. Karena bingung limbah tersebut mau diapakan, ia kemudian melakukan inovasi dengan menciptakan suplemen MSG3 yang merupakan suplemen yang berfungsi mengubah pola makan kambing sehingga kambing mau mengonsumsi pakan kering.

Kambing Doyan Makan Dedaunan Kering - Suplemen MSG3 - Kabartani.com
Kambing Doyan Makan Dedaunan Kering

“Pemberian suplemennya dicampur ke dalam air minum kambing, komposisinya 1 ml suplemen dicampur 5 liter air. Pemberiannya tidak terikat waktu, kalau air minum kosong segera kasih lagi,” ujar Alan.

Pemberian suplemen cair untuk kambing dan domba :

  • Satu tutup botol (10ml) Suplemen MSG3
  • Dicampurkan dengan air minum kambing sebanyak 4-5 liter
  • Pemberian minum kambing dilakukan secara terus menerus

Alan menjelaskan, untuk mengubah pola makan pada kambingnya ia melakukan pemberian pakan kering yang dilakukan secara bertahap untuk adaptasi dengan cara menyelipkan pakan kering di tengah pakan hijau segar dengan komposisi 25% pakan kering berbanding 75% pakan hijau segar.

“Suplemen itu berguna membantu kambing mencerna pakan kering, diberikan secara bertahap, minggu pertama bisa 25%-75%, pertengahan minggu ke dua 50%-50% dan minggu keempat bisa 80%-20% hingga akhirnya pakan kering diberikan 100% setelah 1 bulan adaptasi,” jelas Alan.

Alan mengklaim, beberapa manfaat yang didapat dari penggunaan pakan kering adalah:

  • Pemberian pakan tidak tergantung pada musim karena bisa menggunakan limbah kering yang ada disekitar peternakan.
  • Biaya lebih murah karena pakan menggunakan limbah yang masih bisa dikonsumsi ternak
  • Kandang kambing tidak berbau karena dalam proses pencernaan terjadi fermentasi yang dibantu oleh suplemen MSG3
  • Tidak perlu khawatir kekurangan pakan karena pakan hijauan susah didapat
  • Kambing jauh lebih sehat dan penambahan bobot badan naik secara teratur
  • Menghemat waktu
  • Kambing dan domba memiliki nafsu makan yang tinggi

Alan menambahkan, sebenarnya suplemen tersebut juga bisa diberikan pada sapi, namun Alan sendiri belum menguji cobanya karena terbentur modal.

Berikut video implementasi Suplemen MSG3 dari Mas Maulana Surya Gemilang.

Suplemen Ternak MSG3 ini dapat anda peroleh dengan menghubungi kontak dari mas Maulana Surya Gemilang yang teretera dibawah ini.

Harga 1 liter : Rp.100.000

No HP: 087830003499

Facebook: https://www.facebook.com/alan.elland
 
Pembelian dalam jumlah banyak akan mendapatkan potongan harga atau anda bisa menjadi agen penjualan di daerah anda dan dapatkan harga khusus.