Tahap Pemanenan Ikan Gabus

Tahap Pemanenan Ikan Gabus

0
SHARE

Kabartani.com-Setelah kita lalui tahapan – tahapan budidaya ikan gabus mulai dari pemilihan indukan gabus, pemijahan ikan gabus, penetasan butir telur – telur ikan gabus, perawatan benih ikan gabus, persiapan kolam ikan gabus, pemindahan benih ikan gabus dari kolam Aquarium ke kolam pembesaran, pemberian makan, maka kita masuk pada tahap pemanenan.

kabartani.com-panen-ikan-gabus

Tahap  Pemanenan ikan gabus adalah tahap  terakhir yang kita tunggu-tunggu untuk menuai hasil jerih payah kita selama membudidayakan ikan gabus. Untuk memanen ikan gabus bisa dilakukan secara bertahap, tidak seperti ikan – ikan jenis  lainnya, yang pada umumnya  harus sekaligus dipanen, seperti ikan mas, ikan patin, ikan gurame, ikan nila, dan masih banyak ikan – ikan jenis lainnya.

Pada ikan jenis lain apabila pemanenan ikan tidak dilakukan secara serentak maka ikan akan menimbulkan kesetresan dan berujung pada kematian ikan, tetapi berbeda dengan ikan jenis gabus ini, karena ikan gabus memiliki daya tahan tubuh yang luar biasa dibandingkan dengan jenis ikan lain pada umumnya.

Dengan daya tahan yang tinggi yang dimiliki ikan gabus, maka ikan gabus dapat dipanen secara bertahap, sehingga kita bisa memanen ikan gabus ini sesuai dengan permintaan pasar.

Ikan gabus memiliki banyak manfaat dan khasiat didalam kesehatan, selain dagingnya yang tebal, ikan gabus juga kaya akan kandungan gizi, protein, dan zat – zat lainnya, kandungan – kandungan tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh kita, salah satu manfaat dari mengkonsumsi ikan gabus, bagi orang yang habis operasi dipercaya  mempercepat pengeringan luka bekas operasi.

Demikianlah jerih payah kita dalam budidaya ikan gabus, dan kita tinggal menuai hasil yang selama ini kita tunggu-tunggu, semoga artikel pembudidayaan ikan gabus ini dapat bermanfaat untuk kita semua, selamat mencoba semoga sukses.