Tahukan Kamu Kenapa Buah Bisa Terasa Hambar, Asam dan Manis?

    Tahukan Kamu Kenapa Buah Bisa Terasa Hambar, Asam dan Manis?

    1
    SHARE

    KABARTANI.com – Sobat tani suka makan buah? rasa buah bermacam-macam, ada yang manis, asam, hambar bahkan pahit. Namu apa kalian tahu kenapa rasa buah bisa bermacam-macam?

    Buah-buahan kebanyakan dimakan dalam keadaan segar. Buah-buahan itu mengandung air, protein, lemak, karbohidrat, mineral, dan vitamin. Jika buah sudah matang, karbohidrat diubah menjadi zat gula, inilah yang menyebabkan rasa manis pada buah. Zat-zat itu sering disebut sebagai nutrisi. Selain nutrisi, beberapa jenis buah ada yang memiliki zat lain berupa aneka golongan asam dan tanin. Nama ilmiah asam itu adalah asam malat, asam oksalat, asam nitrat, dan asam malonat.

    Gabungan zat nutrisi dengan asam atau tanin akan mempengaruhi rasa dan kelezatan buah. Buah yang kandungan gulanya rendah dengan kadar air yang tinggi akan terasa hambar. Bila kandungan gula dan asamnya seimbang, rasanya menjadi manis-manis asam. Jika kandungan asamnya lebih tinggi, rasanya pun menjadi asam. Bila buah mengandung tanin cukup banyak, akan terasa kelat kalau dimakan.

    Tetapi ada juga buah yang memiliki rasa pahit karena buahnya mengandung unsur karantin atau hydroxytryptamine.

    Jadi adanya rasa manis atau asam pada buah sama seperti ketika kita sedang membuat es sirup jeruk. Jika sirupnya terlalu banyak , maka rasanya pun menjadi asam. Tapi kalau airnya yang terlalu banyak, maka rasanya pun menjadi hambar. Contoh buah yang banyak mengandung asam adalah jeruk. Apalagi jeruk yang masih muda, kandungan asam oksalat masih tinggi, jadi terasa sangat asam.

    Baca juga 

    Semoga infomasi mengenai Kenapa Buah Bisa Terasa Hambar, Asam dan Manis? bisa menambah pengetahuan sobat tani sekalian, Terima kasih sudah berkunjung di Kabartani.com.