Tanaman Rempah Yang Dapat Meningkatkan Kesejahteraan

Tanaman Rempah Yang Dapat Meningkatkan Kesejahteraan

0
SHARE

Kabartani.com-Menurut Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro) terdapat tiga komoditas rempah sedang naik daun diantaranya cengkeh,pala,dan lada.selain itu dari Pusat Penelitian dan Pengembangan Pertanian dalam program penelitian menjadikan tiga komuditas ini sebagai prioritas utamanya.

Lada

Lada termasuk Tanaman Rempah, seperti di Daerah – daerah produsen lada tradisional seperti Lampung, Kalimantan Timur,Bangka Belitung, Sulawesi Selatan,Kalimantan Barat dan lain sebagainya. dimana dalam 5 tahun terakhir ini harganya sangat tinggi, hal ini dapat menggugah semangat para petani lada untuk membudidayakan Lada.

Cengkeh

Tanaman Rempah yang satu ini, Harganya per kg mencapai Rp 80.000 walaupun harga tersebut mengalami penurunan dari harga sebelumnya. meski harga cengkeh turun para petani tetep semangat untuk menanam cengkeh, terbukti dengan adanya permintaan benih yang begitu besar,di ternate sebagai tempat penangkar benih cengkeh, pada saat ini dipenuhi permintaan akan benih. pulau jawa pun juga mendatangkan benih tersebut dari ternate.dijawa saat ini pun banyak dikembangkan cengkeh dipekarangan. dan masih banyak daerah yang membutuhkan benih – benih cengkeh.

Pala

Tanaman Rempah yang satu ini harganya per kg mencapai Rp 70.000 hingga Rp 80.000 harga ini mengalami kenaikan dari harga sebelumnya. banyaknya importir luar negeri yang datang langsung ke sentra produksi rempah pala, lada dan cengkeh sebagai bukti bahwa kebutuhan dunia akan rempah tersebut baru mengalami kelangkaan.

Ketiga Tanaman Rempah tersebut(lada,pala,cengkeh)merupakan tanaman prioritas Balittro. terbukti tanaman tersebut mampu meningkatkan kesejahteraan petani. sebagai contoh dibeberapa daerah seperti petani lada di Babel, petani cengkeh di Manado, petani pala di Ternate, kebanyakan dari mereka sejahtera berkat budidaya tanaman rempah tersebut.