Perkebunan Tanaman Hias Panduan Membuat Bonsai Kelapa

Panduan Membuat Bonsai Kelapa

4
Bagikan

Kabartani.com – Bonsai tentu sudah tidak asing lagi bagi kalangan penyuka tanaman hias. Teknik pengkerdilan tanaman ini sangat diminati, karena keindahan dan tingkat kesulitan dalam pembuatanya, maka tidak heran harga yang dipatok untuk tanaman bonsai sangatlah mahal.

Beberapa tanaman yang sering dibonsai antara lain: beringin, buang kertas, pohon asam dan pohon kelapa. Kali ini saya akan berbagi informasi bagaimana caranya membuat bonsai kelapa.

Jenis Kelapa yang Bisa dibonsai

  • Kelapa Gading Susu
  • Kelapa Gading Merah
  • Kelapa Albino

Memilih Bibit Kelapa Terbaik

  • Pilih buah kelapa yang benar-benar sudah tua,
  • Buah kelapa harus dipetik dari pohonya, tidak boleh menggunakan kelapa yang jatuh dari pohon karena batoknya akan mudah rapuh,
  • Pilih bibit yang batoknya kecil tetapi memiliki akar yang banyak,

Menumbuhkan Buah Kelapa

Buah kelapa yang sudah tua diletakan ditanah yang memiliki kelembaban dan mengandung banyak air. Kira-kira 2-3 minggu akan tumbuh tunas bakal tanaman kelapa.

Posisi peletakan buah kelapa akan sangat mempengaruhi bentuk tanaman nantinya. Bila menginginkan bonsai kelapa yang batoknya dikelilingi akar maka buah kelapa diletakkan dalam posisi berdiri (vertical) dan apabila menginginkan bentuk bonsai kelapa seperti keong letakkan kelapa secara horizontal.

Tahapan Pelaksanaan

  • Apabila tunas kelapa sudah berukuran tinggi 3-5 cm, kita buka sabut kelapa bisa menggunakan sendok atau golok yang penting jangan sampai memutus akar kelapa.
bonsai kelapa 4
  • Setelah sabut terbuka dan tinggal menyisakan batok kelapa bersihkan sisa sabut kecil yang masih menempel menggunakan pisau hingga bersih.
  • Sayat 2-3 helai kuncup tunas yang paling bawah (tua) agar terlihat bersih dan rapi dan ditanam dalam pot.
bonsai kelapa 5
  • Untuk mempercepat pertumbuhan tunas kelapa dengan botol air mineral yang telah dipotong.

Cara Membentuk Batang Bonsai

Setelah bonsai tumbuh 15-20 cm, lakukan penyayatan pada tunas yang paling bawah, penyayatan  jangan sampai mengenai tunas yang masih muda karena beresiko tanaman menjadi busuk dan mati. Penyayatan ini dilakukan 3 hari sekali dengan tujuan agar tanaman kelapa tidak tumbuh besar. Penyiraman dilakukan sehari sekali.

Simak juga :

Loading...

4 KOMENTAR

  1. Bos mau tanya maklum pemula, klau tunas klapa kita syat plepah nya yg tua, abis itu kita ptong daun yg msih mda trus ditutp pkai btol mineral. Trus daun yg dipotong sdah tnggi apa yg hrus dlakukan

BERI BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here