Teknik Budidaya Buah Nangka Madu

Teknik Budidaya Buah Nangka Madu

0
SHARE

KABARTANI.COM-Teknik budidaya buah nangkamadu,budidaya Nangka Madu sangat digemari dan disenangi oleh banyak orang, karena nangka madu memiliki keunggulan diantaranya ukuran buahnya sangat besar, berat buahnya mencapai 25 kg, dagingnya sangat tebal, warna kuning keemasan melapisi buahnya, memiliki aroma dan bau yang khas dan kuat.memiliki rasa yang manis, serta tekstur dagingnya yang empuk.

Buah nangka madu dapat diolah menjadi beberapa olahan makanan seperti keripik nangka, dibuat juga sup buah nangka, selain itu juga dikonsumsi langsung sebagai buah. dan masih banyak lagi jenis olahan yang terbuat dari nangka lainnya.

Dengan Kelezatan yang dimiliki buah nangka madu ini, membuat banyak orang berlomba – lomba untuk membudidayakannya, adapun langkah dalam budidaya nangka madu adalah sebagai berikut :

1. Lakukan Pemilihan Bibit Nangka Madu dengan Baik Dan Benar,
pilihlah bibit nangka madu yang berkuwalitas baik, sehat dan juga tumbuh dengan subur.

2. Persiapan Lahan Untuk Menanam benih Buah Nangka, alangkah baiknya lahan terlebih dahulu digemburkan dan diberi pupuk kompos untuk nantinya sebagai nutrisi tumbuh kembangnya bibit
nangka madu tersebut.

3. Lakukan Penanaman Benih Nangka Madu sebelum benih ditanam terlebih dahulu buat lubang yang berukuran 60 X 60 X 60cm, setelah itu biarkan lubang tersebut selama 1 – 2 hari, setelah itu barulah bibit ditanam pada lahan tersebut

4. Langkah Perawatan, setelah 1 minggu bibit ditanam lakukan pengecekan apabila bibit tidak mau hidup dan tumbuh maka lakukan penyulaman bibit. apabila bibit sudah bisa hidup maka berikan pupuk organik sesuai kebutuhan bibit. agar bibit hidup maksimal.

5. Lakukan Pengairan
Pengairan adalah langkah utama dalam budidaya buah nangka, apabila nangka sudah berbunga dan berbuah, selain itu pada saat buah nangka matang pengairan harus diberikan.

6. Langkah Panen Buah Nangka Madu
Buah nangka Madu siap dipanen bila sudah ada tanda – tanda seperti tangkai yang terlihat menciut dan bagian tangkal buahnya membengkak.bila diketuk buah nangka madu terdengar kosong, nangka madu akan cepet mateng bila buahnya dibungkus, dengan dibungkusnya buah nangka madu, maka juga dapat mencegah dari serangan hama, seperti lalat daun dan lain sebagainya.buah nangka boleh dipetik ketika sudah 14 minggu setelah buah nangka madu dibungkus. buah nangka madu dibungkus ketika ukurannya sudah mencapai 8 – 10 cm.

Demikianlah teknik budidaya nangka madu untuk mendapatkan hasil panen yang maksimal, semoga dapat menambah
pengetahuan dan manfaat.