Teknik Mencangkok Pohon Tin Metode Tertutup (Cocok Saat Musim Hujan)

Teknik Mencangkok Pohon Tin Metode Tertutup (Cocok Saat Musim Hujan)

1
Bagikan
Teknik Mencangkok Pohon Tin Metode Tertutup (Cocok Saat Musim Hujan)

Kabartani.com – Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi informasi bagaimana teknik mencangkok pohon tin metode tertutup (cocok saat musim hujan). Perlu anda ketahui, metode mencangkok saat musim hujan dan kemarau itu berbeda. Kenapa demikian?

Tentu kita sudah mengenal berbagai macam teknik mencangkok, tetapi salah satu metode cangkok yang tepat digunakan saat musim hujan yakni mencangkok metode tertutup.

Cangkok metode tertutup dilakukan dengan menutup semua cela lubang pada plastik, tujuannya agar air hujan tidak masuk ke dalam media.

Berdasarkan pengalaman, cangkok yang sering terkena air akan menyebabkan media menjadi lembek, hal ini dapat mengakibatkan gagal tumbuh akar. Jadi cangkok metode ini sangat baik di gunakan saat musim penghujan.

Lalu, bagaimana cara mencangkok dengan menggunakan metode tertutup? untuk melakukannya, terlebih dahulu siapkan bahan dan peralatan antara lain:

  • Tanah kompos kondisi lembab tidak berair,
  • Plastik Es ukuran paling kecil,
  • Cuter & tali rapia,
  • RootUp (hormon penumbuh akar) sebagai pengganti bisa menggunakan olesan bawang merah.

Teknik Mencangkok Pohon Tin Metode Tertutup:

Langkah Mencangkok Pohon Tin Metode Tertutup (Foto by Candra Thp)
Langkah Mencangkok Pohon Tin Metode Tertutup (Foto by Candra Thp)

1. Pilihlah batang pohon tin yang benar-benar sehat, dengan memiliki batang lurus, dan tidak banyak cabang,
2. Kerat di bawah ruas batang dengan panjang 1,5 Cm. Lalu, olesi pasta RootUp (hormon penumbuh akar), biarkan sampai pasta mengering. Jika tidak ada RootUp bisa di Olesi bawang merah,
3. Masukkan plastik Es,
4. Lalu, ujung plastik diikat pada bagian bawah Keratan cangkok,
5. Masukkan tanah kompos, tanah kompos cukup lembab saja, tidak perlu di siram air,
6. Padatkan Media cangkok, ikat pada bagian ujung dan tengah cangkok dengan kuat. Perlu di ingat plastik cangkok tidak perlu dilubangi.
7. Tutup cangkokan dengan plastik hitam/polybag. Ikat pada bagian ujung plastik saja, agar air tidak masuk kedalam.
Tujuan dari plastik hitam adalah untuk mempercepat tumbuhnya akar dan tentunya menghindari air hujan masuk ke dalam media cangkok.
8. Setelah umur 3-4 minggu cangkokan akan tumbuh akar, dengan pertumbuhan akar yang bagus akan mempermudah keberhasilan tumbuh setelah di pindah ke tempat baru.

Jika akarnya sudah terlihat panjang dan bagus, lalu potong cangkokan dan robek plastik cangkok secara hati-hati. Gunakan media tanah kompos + sekam bakar/biasa (2:1) gunakan polybag kecil sesuaikan dengan besarnya bibit.

Hasil Cangkok Metode Tertutup
Hasil Cangkok Metode Tertutup (Foto by Candra Thp)

Letakkan bibit cangkok ke tempat teduh, siram media jika kering dan gunakan alat semprot air/sprai. Semprot batang dan daun tin agar kondisi bibit cangkok tetap segar.

Setelah umur 2-3 minggu bibit cangkokan bisa dikenakan sinar matahari secara bertahap, jika bibit cangkok ada yang layu terkena sinar matahari, letakkan kembali ke tempat teduh.

Setelah umur 1 bulan, bibit cangkok siap terkena sinar matahari secara penuh, dan siram media cangkok jika kering.

Kelebihan cara cangkok tertutup yaitu bisa menghasilkan akar yang sehat & banyak. Tentunya air hujan tidak bisa masuk ke dalam media cangkok. Sedangkan kekurangannya yaitu proses cangkoknya agak lama jika ingin mencangkok dalam jumlah banyak.

Simak juga Cara Mudah Budidaya Buah Tin Dengan Stek Sungkup

Demikian informasi mengenai Teknik Mencangkok Pohon Tin Metode Tertutup (Cocok Saat Musim Hujan), semoga bermanfaat bagi sobat tani sekalian.

Sumber: http://bontangkreatif.blogspot.co.id/2017/06/cara-mencangkok-tin-saat-musim-hujan_8.html

Loading...

1 KOMENTAR

  1. Subhanallaah,,, Mantap Metoda nya, jadi nambah deh ilmunya & pengen langsung d praktekin.
    Syuqron wa Jazakumullahu Khair Admin kabartani.com

BERI BALASAN