Hortikultura Buah-Buahan Teknik Perkecambahan Benih Pepaya dalam Kantong Plastik (Modifikasi Oksigen)

Teknik Perkecambahan Benih Pepaya dalam Kantong Plastik (Modifikasi Oksigen)

0
Bagikan

Kabartani.com – Sampai saat ini perbanyakan tanaman pepaya adalah secara generatif, yaitu dengan menyemaikan biji dari buah yang sudah masak. Perbanyakan secara vegetatif masih sulit dilaksanakan, kalaupun bisa yaitu dengan cara mencangkok batang dan kultur jaringan, tetapi tidak efisien untuk penyediaan bibit dalam jumlah besar.

Satu-satunya cara yang mudah dilakukan adalah dengan menggunakan biji, karena dari satu buah bisa diperoleh biji dalam jumlah banyak. Biji tersebut dapat langsung di tanam di kebun atau dapat di semaikan terlebih dulu.

Cara perkecambahan biji pepaya yang sudah mengalami penyimpanan dalam bentuk kering ada bermacam-macam. Mengingat sifat biji tanaman pepaya sangat peka terhadap pengaruh suhu dan kelembaban maka di sarankan dalam mengecambahkan benih dilakukan secara hati-hati.

Perkecambahan benih pepaya ternyata juga dipengaruhi cahaya, suhu dan kelembaban. Benih pepaya memerlukan cahaya untuk berkecambah karena berhubungan dengan suhu.

Perkecambahan dan penyemaian biji pepaya dapat dilakukan dengan beragam cara, salah satunya yaitu mengunakan kantong plastik. Cara perkecambahan menggunakan kantong plastik yakni sebagai berikut:

  • Biji pepaya direndam semalam menggunakan air hangat kuku.
  • Setelah itu, dibiarkan selama satu malam kemudian di ambil biji yang bernas (biji yang tenggelam dalam air), selanjutnya dicuci dan ditiriskan menggunakan saringan.
  • Biji yang bernas selanjutnya dimasukkan ke dalam kantong plastik berukuran 1 kg kemudian ditiup.
  • Kemudia plastik diikat rapat menggunakan karet, jangan sampai udara yang didalam plasik keluar/bocor.
  • Biasanya setelah 7-12 hari biji sudah mulai berkecambah.

Simak juga artikel lainnya:

Loading...

BERI BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here