Tips Membuat Kandang Yang Baik Untuk Ternak Ayam Arab

Tips Membuat Kandang Yang Baik Untuk Ternak Ayam Arab

0
SHARE

KABARTANI.COM – Mungkin ada yang belum tahu tentang ayam arab ini, tapi memang popularitas ayam arab ini masih kalah dengan ayam jenis lainnya, seperti ayam kampung dan ayam negeri atau ayam broiler. Namun tahukah anda? sebenarnya ayam arab ini memiliki potensi yang sangat menjanjikan untuk dijadikan komoditas peternakan di masa mendatang

Ayam jenis ini diklaim memiliki keunggulan dalam hal produktivitas telur. Tak hanya itu saja, kandungan protein telur ayam ini lebih tinggi jika dibanding telur ayam jenis lainnya. Nah, untuk melakukan ternak ayam arab ini, hal yang pertama harus disiapkan yaitu kandang yang baik.

Pertama, posisikan kandang ayam menghadap ke timur atau barat. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan pasokan sinar matahari yang diarahkan bisa masuk ke dalam kandang untuk mengangkat gas amoniak serta mematika bakteri/virus yang berkembang di kotoran ayam.

Kedua, selain letak kandang, buat kandang dari bambu yang disusun memanjang yang terdiri dari beberapa kamar yang bersebelahan dan di dalam satu kamar diisi satu ekor ayam betina.

Ketiga, buatlah alas kandang sedikit miring, hal ini bertujuan untuk memudahkan telur menggelinding dengan sendirinya ke tempat penampungan telur. Kandang sebaiknya dibiarkan kosong untuk memudahkan ayam betina bertelur.

Keempat, Idealnya, untuk satu kamar diisi satu ekor ayam betina dengan panjang kamarnya ke belakang sekitar 40 cm, lebar 20 cm, dan tinggi kandang 40 cm. Ukuran tersebut sudah termasuk ideal untuk pemeliharaan ayam secara intensif, karena bila kandang terlalu besar maka ayam akan banyak bergerak sehingga tidak optimal dalam menghasilkan telur.

Itulah Tips Membuat Kandang Yang Baik Untuk Ternak Ayam Arab, semoga bermanfaat bagi sobat kabartani sekalian. Terima kasih.