Tips Memilih Benih Pepaya California Berkualitas Unggul

Tips Memilih Benih Pepaya California Berkualitas Unggul

1
SHARE

KABARTANI.com – Kesulitan memperoleh benih yang berkualitas, itulah yang sering dikeluhkan oleh para petani. Untuk mencari benih pun petani harus memesannya dari luar daerah, bahkan sampai luar pulau. Sekarang ini sudah banyak toko online yang menjual bibit dan benih tanaman, tapi kurangnya pengetahuan dari para petani tentang internet serta munculnya beberapa kasus penipuan online membuat petani takut untuk memesan benih secara online. Salah satu benih yang sulit di temui di beberapa daerah adalah benih pepaya california. Kalaupun sudah dapat benih pepaya california tapi petani masih merasa was-was karena sekarang juga beredar benih pepaya california palsu yang menghantui para petani.

Perlu anda ketahui, benih bibit pepaya ungulan saat ini yang disukai para petani pepaya yaitu pepaya california IPB9 atau calina. Jangan salah, meskipun namanya california bukan berarti benih pepaya ini berasal dari california, namun varietas pepaya california IPB9 atau calina ini merupakan hasil pengembangan dari ilmuwan lokal indonesia. Ilmuwan indonesia yang di pimpin oleh Prof. Dr. Ir. Sriani Sujiprihati, MS dari Institut Pertanian Bogor (IPB) mengembangkan varietas unggulan ini.

Buah pepaya hasil produk dalam negeri diberi label atau nama daerah negara lain demi untuk mencari keuntungan finansial semata. Hal itu terjadi pada pohon pepaya callina yang merupakan varitas temuan Prof. Dr. Ir. Sriani Sujiprihati, MS diubah namanya menjadi pepaya california agar laku terjual di supermarket.

Pepaya california ini memiliki bentuk lonjong silinder, dengan ukuran rata-rata antara 1.5-2.5 kg perbuah. Sedangkan harganya di pasaran, khususnya di supermarket rata-rata pepaya california ini cukup tinggi, bisa mencapai Rp 8.000,- per kilogram. Dengan harga jual pepaya california yang cukup tinggi seperti itu tidak heran pepaya jenis ini banyak dipilih oleh para petani untuk dibudidayakan.

Meskipun, harganya relatif mahal, pepaya california ini tetap digemari para konsumen. salah satu keunggulan pepaya california yaitu rasanya yang manis, daging buah tebal, serta warna buah merah cerah. Selain itu, pepaya california juga renyah, tidak lembek buahnya ketika matang.

Dalam budidaya skala besar, pepaya california ini di kelompokan menjadi 2 yaitu pepaya california betina dan pepaya california sempurna. Untuk kita (konsumen), tidak ada bedanya rasa antara keduanya. Yang membedakan hanyalah bentuknya, pepaya california betina memiliki bentuk agak membulat, sedangkan pepaya california sempurna bentuknya agak memanjang.

Petani atau pelaku bisnis budidaya pepaya perlu membedakan antara pepaya california sempurna dan betika karena harga jualnya dipasaran pun beda. Untuk pepaya california sempurna harga jual dipasaran relatif lebih tinggi dari pada pepaya california betina yang bentuknya membulat. Selisih harganya pun bisa sampai dua kali lipat.

Budidaya pepaya california akan memberikan banyak keuntungan, jika hasil panennya sebagian besar adalah pepaya california sempurna. Oleh karena itu sebisa mungkin petani pepaya mengusahakan agar semua tanaman pepaya-nya adalah pepaya california sempurna. Untuk bisa mendapatkan hasil panen pepaya california sempurna semua, maka pemilihan benih pepaya california memegang peranan yang sangat penting.

Tips memilih benih pepaya california yang berkualitas

1. Jika sebelumnya anda petani pepaya california, anda bisa membuat benih pepaya california sendiri. Maka pilihlah biji dari buah pepaya california yang bentuknya sempurna dan masak di pohon. Selain itu benih hanya boleh diambil dari 1/3 bagian tengan buah, karena biji yang terdapat di bagian ujung biasanya menghasilkan pepaya betina.

2. Membeli benih di toko pertanian belum menjamin bahwa benih anda bagus. Sering juga kita temui, pemilik toko pertanian memesan biji dari petani pepaya yag benihnya diambil dari buah pepaya yang telah lembek/busuk yang tidak laku di jual. kadang biji juga diambil dari buah yang bentuknya tidak sempurna.

3. Jika beli benih pepaya california dari internet secara online, pastikan benih yang di jual adalah benih yang bersertifikat.

Benih Pepaya Callina atau California - Kabartani.com
Benih Pepaya Callina atau California

Ciri-ciri benih pepaya california berkualitas antara lain:

  • Dibungkus dengan wadah aluminium foil, sehinga tahan serangan jamur
  • Persentase buah sempurna tinggi diatas 70 %
  • Daya tumbuh tinggi.
  • Masa berlaku benih di batasi maksimal 5 bulan

Pastikan jika beli benih pepaya california masa produksinya kurang dari 5 bulan sehingga daya tumbuhnya masih bagus. Usahakan juga anda membeli benih pepaya california dari petaninya langsung, sehingga kualitasnya pun terjaga.

Baca juga

Itulah informasi mengenai Tips Memilih Benih Pepaya California Berkualitas Unggul, semoga informasi ini bermanfaat bagi sobat tani sekalian, silahkan share atau bagikan informasi ini kepada petani lain. Terima kasih.

  • belajar tani

    terimakasih atas infonya tapi sayang artikelnya ga bisa di copy.. jadi sulit mau mindahin datanya hehe