Tips Menanam Terong Ungu Dalam Polybag

Tips Menanam Terong Ungu Dalam Polybag

0
SHARE

KABARTANI.COM – Tips Menanam Terong Ungu Dalam Polybag. Sobat kita bisa memanfaatkan lahan sempit dirumah kita dengan ditanami sayuran, kita juga bisa memanfaatkan polybag untuk menanam sayuran agar memudahkan kita dalam perawatan tanaman. Salah satunya adalah menanam Terung Ungu dengan menggunakan Polybag.

MORFOLOGI TERONG UNGU

Terong Ungu memiliki nama latin Solanum melongena adalah tumbuhan penghasil buah yang dijadikan sayur-sayuran. Asalnya adalah India dan Sri Lanka. Terung berkerabat dekat dengan kentang dan leunca, dan agak jauh dari tomat.

Tanaman terung ungu ini adalah tanaman yang biasa ditanam secara tahunan. Tanaman ini tumbuh hingga 40–150 cm (16-57 inci) tingginya. Daunnya besar, dengan lobus yang kasar. Ukurannya 10–20 cm (4-8 inci) panjangnya dan 5–10 cm (2-4 inci) lebarnya. Jenis-jenis setengah liar lebih besar dan tumbuh hingga setinggi 225 cm (7 kaki), dengan daun yang melebihi 30 cm (12 inci) dan 15 cm (6 inci) panjangnya. Batangnya biasanya berduri. Warna bunganya antara putih hingga ungu, dengan mahkota yang memiliki lima lobus. Benang sarinyaberwarna kuning. Buah tepung berisi, dengan diameter yang kurang dari 3 cm untuk yang liar, dan lebih besar lagi untuk jenis yang ditanam. (sumber: wikipedia)

SYARAT TUMBUH TERONG UNGU

Terong Ungu Mampu hidup dimana saja baik di dataran rendah hingga dataran tinggi. Terong Ungu hidup di tanah yang subur dengan air yang tidak menggenang serta dengan tingkat keasaman tanah (pH) antara 5-6. Waktu tanam terbaik adalah saat awal musim kemarau antara bulan Maret-April.

CARA MENANAM TERONG UNGU DALAM POLYBAG

  • Penyemaian Benih

Biji yang hendak kita semai kita rendam dahulu kedalam air hangat selama 10 menit, kemudian kita siapkan media semai berupa campuran sekam dan tanah dengan perbandingan 1;1. Selanjutnya semai biji terong Ungu dengan jarak 1cm, beri sedikit air tiap pagi dan sore hari, setelah satu bulan bibit siap ditanam.

  • Penanaman Bibit

Sebelumnya kita siapkan media berupa campuran tanah dengan pupuk kandang, selanjutnya media dimasukan kedalam polybag sampai penuh. Pilih bibit yang sehat dengan jumlah daun minimal 4 helai. Lubangi tanah 5-10cm untuk menanam bibit. Penanaman setiap polybag 1 tanaman.

  • Perawatan Dan Pemeliharaan

Perawatan sangat lah mudah, kita tinggal menyirami tanaman setiap pagi dan sore hari, serta memberikan pupuk organik, selain itu kita juga harus membuang daun yang sudah layu atau yang terserang penyakit, saat tanaman mulai berbuah berilah penyangga dari bambu atau kayu untuk menyangga tanaman.

  • Pemanenan

Tanaman terung dapat dipanen pertama kali umur 3-4 bulan, tanaman terong mampu berproduksi hingga umur 5-6bulan. Pemanenan dilakukan di sore hari sebaiknya dilakukan 3-7hari sekali.