Tips Mengolah Sampah Rumah Tangga Menjadi Kompos

Tips Mengolah Sampah Rumah Tangga Menjadi Kompos

3
SHARE

Kabartani.com-Sampah rumah tangga sering kali hanya dibuang begitu saja. Sebenarnya sampah rumah tangga yang organic bisa kita manfaatkan untuk dijadikan pupuk kompos dengan skala kecil. Bagi anda yang suka menanam tanaman hias di rumah simak cara membuat pupuk kompos dari bahan sampah rumah tangga berikut ini.
Berikut 4 langkah pembuatan kompos dari sampah rumah tangga:

1. Pemisahan sampah Organik dan Anorganik
Hal pertama yang dilakuakan dalam pembuatan kompos sampah rumah tangga ini adalah memisahkan sanpah anorganik dan organic. Sampah anorganik meliputi plastik, kaleng, karet dan semua benda yang tidak dapat terurai oleh tanah. Sampah organik berupa sisa makanan, kulit buah, sisa sayuran. Sampah yang berukuran besar sebaiknya dipotong/dicacah terlebih dahulu.

2. Pencampuran bahan
Kita siapkan tempat yang akan digunakan untuk membuat kompos, biasanya memakai drum plastic kemudian Isi wadah dengan kompos lama setinggi 1/3. Selanjutnya sampah dapur yang telah dipisahkan dimasukkan. Aduk bahan secara merata. Bahan bisa ditambah serbuk gergaji atau pupuk kandang dan organisme perombak limbah/ragi kompos (Tricholant). Tutup wadah dengan karung/plastik.

3. Proses Pematangan
Aduk sampah setiap 7 hari sekali, selama proses berlangsung suhu dari bahan antara 30-70 derajat celcius. Memasuki minggu ke-5 atau ke-6, kompos sudah jadi dan siap digunakan. Ciri kompos yang sudah jadi adalah tidak berbau busuk, berbau tanah, warna coklat kehitaman dan suhu 30-32 derajat celcius.

4. Pengayakan dan Pengemasan
Kompos yang sudah matang agar tidak menggumpal dan mendapat hasil yang seragam perlu dilakukan pengayaan kemudian dikemas dalam plastik.
Berikut adalah ciri kompos yang berkualitas antara lain warna kompos coklat kehitaman, tidak berbau busuk atau menyengat, tetapi berbau tanah tanah, berbutir halus, lunak ketika dihancurkan dengan jari-jari tangan, selama dalam pengomposan, suhu bahan organik berkisar 30-70 derajat celcius, kelembaban bahan organik berkisar 40-60 derajat celcius, derajat kemasaman pH kompos berkisar antara 6,5-7,5