Peternakan Hewan Unggas Tips Menyembuhkan Ayam Aduan Yang Jatuh Mental

Tips Menyembuhkan Ayam Aduan Yang Jatuh Mental

0
Bagikan

KABARTANI.COM – Tips Menyembuhkan Ayam Aduan Yang Jatuh Mental. Bagi penghobi ayam bangkok yang leres (jatuh mental) tentu menjadi masalah besar. Leres merupakan suatu keadaan seekor ayam yang keberanian bertarungnya atau kepercayaan dirinya hilang. Bila berani bertarung pun tidak lama, karena akan segera lari ketakutan begitu terkena pukulan lawan.

Tidak mudah memang mengatasi ayam yang telah jatuh mental. Dibutuhkan proses dan kesabaran yang banyak. Bila tidak, alih-alih membangkitkan mental ayam, yang ada justru ayam ‘keok’ selamanya. Mau tahu Bagaimana mengatasinya?

Sebelum mengatasinya, ada baiknya anda mengetahui penyebab mengapa ayam anda bisa sampai mengalami leres. Berikut beberapa faktor penyebabnya:

Pertama, trauma karena kekalahan. Ayam yang leres bisa disebabkan oleh kekalahan di arena pertarungan, terlebih kekalahan telak. Rasa sakit yang diderita ayam aduan akan menyebabkan ayam minder, ketakutan, sekaligus kehilangan nyali bertarung.

Kedua, kaget karena sebuah kejadian yang menakutkan. Bisa dikatakan ayam yang kaget disebut stres. Kejadian yang menakutkan bisa berupa dikejar anjing, hampir ditabrak mobil, atau hampir kejatuhan dahan pohon.

Ketiga, ayam memang tidak punya turunan mental bertarung yang bagus.

Bila sudah mengetahui faktor-faktor penyebabnya, maka anda mesti melakukan langkah-langkah berikut.

Langkah pertama Pisahkan ayam bangkok aduan anda yang ‘keok’ dari kawanannya yang ‘normal’. Kemudian, masukkan ke dalam kandang umbaran yang hanya berisi ayam-ayam betina atau anak ayam saja. Proses pertama ini dilakukan selama 1-2 bulan atau sampai anda yakin ayam leres anda tumbuh nyalinya.

Mengapa dilakukan hal ini? Alasannya ayam-ayam betina serta anak ayam takkan berani ‘menyenggol’ ayam leres milik anda. Sehingga, ayam leres yang mau diobati bisa menumbuhkan kepercayaan dirinya kembali.

Sebagai catatan, selama proses pertama ini dilakukan hindarkan ayam leres dari intimidasi ayam lain. Jangan sampai ada ayam ‘normal’ yang masuk ke dalam teritorial. Bahkan, mendengar suara ‘kururuyuknya’ pun jangan. Hal ini akan memperlambat proses penyembuhan.

Langkah kedua Bila proses pertama dilakukan dengan baik, lanjutkan dengan memasukkan ayam-ayam muda (lancuran) yang belum punya mental bertarung ke dalam kandang penyembuhan. Hal ini bertujuan sebagai latihan mengintimidasi ayam lancuran. Harapannya ayam leres akan tumbuh kepercayaan dirinya lagi.

Langkah ketiga Anda tentu mengharapkan dua proses sebelumnya, yang melelahkan dan lama, berhasil dilakukan. Jika memang sudah dipastikan keberhasilannya, lakukan langkah ketiga (terakhir). Apa itu? Menjajal keberanian ayam leres dengan diadu ayam lainnya yang sudah bisa dipastikan kalah. Bila ayam petarung leres menang, tentu akan mempengaruhi mentalnya. Ulangi proses ini hingga mental ayam leres anda siap kembali.

Meracik Jamu Ayam Aduan Penambah Stamina

Selain makanan pokok, ayam aduan juga memerlukan makanan tambahan (suplemen) untuk mendukung kemampuan dan kekuatannya. Suplemen ini bisa berupa jamu atau vitamin.

Jamu atau vitamin yang diberikan bisa berupa jamu instan yang biasa diminum manusia atau racikan sendiri. Jamu ayam aduan racikan sendiri terbuat dari bahan-bahan alami. Seperti, beras, kunyit, kencur, temulawak, madu, telur, tepung beras, dan lainnya.

Pada artikel ini, kita akan mengulas bagaimana cara meracik jamu ayam penambah stamina.

Resep I
Bahan-bahan Jamu
* Jahe 1 kg
* Kunyit ½ kg
* Gula merah 1 kg
* Kopi bubuk ½ kg
* Daun-daun herbal yang berfungsi untuk kesehatan dan penambah stamina

Cara Membuat
1. Haluskan kunyit dan jahe yang sudah dibersihkan (bisa diblender bisa diparut)
2. Campur seluruh bahan tadi dengan kopi bubuk
3. Rebus air yang sudah dimasukkan gula merah
4. Setelah mendidik masukkan campur kunyit, jahe, kopi, dan daun-daun herbal
5. Aduk terus sampai mengental seperti dodol
6. Angkat dan dinginkan
7. Setelah dingin, buat adonan menjadi bulatan-bulatan kecil seukuran bukaan mulut ayam Bangkok. Keringkan.

Saran Pemakaian:Beri jamu ini sebutir tiap hari sekali. Catatan: jamu ini bisa dikonsumsi untuk anak ayam petarung, ayam aduan Bangkok rawatan, dan botohnya.

Resep II
Di samping resep racikan jamu ayam Bangkok di atas, ada juga resep lain yang berfungsi untuk menambah stamina. Antara lain: memberi ayam Bangkok aduan air yang dicampur dengan rebusan air jahe dan kunir. Pemberian air campuran ini dilakukan seminggu tiga kali, dan tiap hari diberi 2 kali sehari, pagi dan sore.

Diimbangi dengan pemberian pakan yang terbuat singkong rebus tumbuk, biji-bijian pakan burung perkutut, dan cacing yang sudah dibersihkan kotorannya, setiap sore hari. Sementara, di pagi harinya, ayam diberi pakan biji-bijian saja atau pakan yang sudah standar (baca postingan disini).

Resep II ini juga sebaiknya didukung dengan pola perawatan yang tepat, seperti memberi babon supaya ayam tidak stres, tenggeran dibuat minimal satu meter, kandang yang luas supaya ayam Bangkok petarung bebas bergerak, dan lain sebagainya.

Di samping dengan mengonsumsi jamu penambah stamina, tentunya ayam harus dilatih secara baik dan benar untuk mendapatkan stamina yang kuat.

Loading...

BERI BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here