Tips Menyimpan Madu Asli Agar Kualitas Tetap Terjaga dan Tahan Lama

    Tips Menyimpan Madu Asli Agar Kualitas Tetap Terjaga dan Tahan Lama

    0
    SHARE
    Tips Menyimpan Madu Agar Kualitas Tetap Terjaga dan tahan Lama - Kabartani.com

    KABARTANI.COM – Siapa yang tak kenal dengan namanya madu, bahan alami kaya manfaat ini memang sudah teruji mengandung banyak nutrisi dan vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Madu juga bisa digunakan untuk perawatan kulit.

    Sekarang ini, madu bisa dengan mudah kita temukan di pasaran. Namun sayangnya, kita sulit untuk bisa membedakan mana madu asli dan mana madu palsu atau oplosan. Untuk madu asli, jika kita menyimpan madu tersebut dengan baik dan benar biasanya bisa bertahan hingga bertahun-tahun dan nutrisinya tak akan pernah hilang.

    Untuk menjaga kualitas madu asli yang anda beli, Anda sebaiknya menyimpannya di tempat yang benar. Karena sebaik apapun madu Anda jika disimpan di tempat yang salah maka akan menurunkan kualitas madunya.

    Berikut ini kami berikan tips tentang cara menyimpan madu yang baik dan benar untuk menjaga kualitas madu tersebut tetap terjaga.

    1. Simpan Madu di Tempat Tertutup

    Simpanlah madu di tempat yang tertutup, kering dan bersih. Tempat tertutup bisa berupa botol atau wadah lain. Menyimpan madu di tempat tertutup akan membuat madu ini tahan lama, dan kualitasnya pun tetap terjaga. Berbeda jika anda menyimpan madu di tempat terbuka, akan membuat madu terkontaminasi berbagai bakteri, kotoran, debu atau mikro organisme berbahaya lainnya.

    2. Jauhkan dari Sinar Matahari Langsung

    Simpanlah madu anda di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung. Jika madu terkena sinar matahari langsung secara terus menerus akan membuat kualitas madu menjadi mudah rusak dan nutrisinya berkurang. Selain itu, madu yang disimpan di tempat yang terkena sinar matahari langsung, tidak jarang akan membuat warna madu menjadi lebih hitam dan tidak menarik lagi.

    3. Jangan Simpan Madu di Wadah yang Terbuat dari Logam

    Pastikan untuk menyimpan madu di wadah yang terbuat dari kaca atau plastik. Hindari menyimpan madu di wadah yang terbuat dari logam karena dikhawatirkan dapat merusak kualitas madu atau justru berubah menjadi racun karena zat kimia berbahaya yang terdapat pada logam tersebut.

    4. Simpan Madu di Wadah yang Bersih dan Kering

    Simpanlah madu di wadah yang bersih dan kering, karena jika sudah terkontaminasi dengan air, walaupun hanya setetes saja bisa membuat madu mudah rusak dan berbusa. Kalau air saja bisa membuat madu rusak, akan sangat fatal akibatnya jika Anda menyimpan madu di wadah yang mengandung hal lain di dalamnya.

    Nah, itulah beberapa Tips Menyimpan Madu Asli Agar Kualitas Tetap Terjaga. Cara yang sangat mudah, bukan? Semoga tipsnya bermanfaat!