Peternakan Hewan Ternak Tips Perawatan Domba Agar Tumbuh Dengan Baik

Tips Perawatan Domba Agar Tumbuh Dengan Baik

0
Bagikan

Kabartani.com – Tips Perawatan Domba Agar Tumbuh Dengan Baik. Perawatan merupakan salah satu bagian dari pemeliharaan agar ternak domba dapat tumbuh dengan baik dan berproduksi secara optimal.

Upaya-upaya perawatan yang harus dilakukan secara rutin antara lain memandikan, mencukur bulu, dan memotong kuku, berikut ini uraian selengkapnya.

Rutin Dimandikan

Domba sebaiknya dimandikan secara rutin setiap seminggu sekali agar tubuhnya tidak kotor dan tidak menjadi sarang penyakit. Memandikan domba usahakan pada saat cuaca cerah dengan menggunakan air bersih dan mengalir.

Pada saat dimandikan, seluruh bulu badan dan tubuhnya dibersihkan dengan air sabun dan disikat, kemudian dibilas dengan air bersih. Setelah dimandikan, domba dibiarkan berjalan-jalan (exercise) sampai bulunya kering dengan sendirinya.

Mencukur Bulu Domba

Bulu domba tumbuh relatif banyak, sehingga memerlukan perawatan agar tidak menjadi kotor serta tidak menjadi sarang kuman penyakit maupun parasit. Mencukur bulu sebaiknya dilakukan pada domba yang sudah berumur lebih dari 6 bulan dan dilakukan dua kali setahun. Sebelum mencukur bulu domba, sebaiknya domba dimandikan terlebih dahulu agar bulunya bersih dan pelaksanaan pencukuran lebih mudah.

Gambar Mencukur Bulu Domba (Sumber Mulyono, S, 2005)
Gambar Mencukur Bulu Domba (Sumber Mulyono, S, 2005)

Teknik saat mencukur bulu, domba dapat tetap berdiri atau direbahkan dengan cara mengikat keempat kakinya sehingga pencukuran dapat lebih cepat dan hasilnya lebih rapi. Pencukuran dapat menggunakan gunting yang besar dan tajam atau gunting cukur listrik.

Simak juga Membuat Jerami Fermentasi Sebagai Pakan Kambing Dan Domba

Pencukuran dimulai dari perut bagian bawah, ke atas, ke depan, dan ke belakang sampai daerah kepala dan kaki. Bulu yang tertinggal di kulit sepanjang 0,5-1 cm. Mencukur bulu harus dilakukan dengan hati-hati agar kulit domba tidak terluka.

Memotong Kuku

Domba yang dipelihara dalam kandang, secara alami kukunya akan tumbuh dan bertambah panjang. Kuku domba yang panjang dan tidak pernah dipotong bisa menyebabkan gangguan ketika berjalan, untuk pejantan dapat mengganggu pada saat kawin, dan menjadi sarang kotoran dan kuman penyakit sehingga mudah terinfeksi. Untuk menghindari hal-hal tersebut maka kuku domba harus dipotong secara rutin setidaknya setiap 3-6 bulan sekali.

Memotong kuku dilakukan dengan cara mengikat domba pada bambu. Kemudian kuku depan kiri dan kanan dipotong secara bergantian dengan cara mengangkat kaki domba dengan melipat sendi lutut.

Gambar Memotong Kuku Domba (Sumber Mulyono, S, 2005)
Gambar Memotong Kuku Domba (Sumber Mulyono, S, 2005)

Untuk memotong kuku belakang kiri dan kanan dilakukan dengan menjepit badan domba bagian belakang dengan posisi searah ekor, kemudian kaki belakang diangkat dan dipotong secara bergantian. Memotong kuku dapat menggunakan gunting, rennet, atau pisau tajam. Bagian kuku yang dipotong adalah bagian yang tidak ada syaraf dan pembuluh darah.

Simak juga Tips Memilih Indukan Domba Yang Baik Untuk Ternak Domba

Demikianlah informasi mengenai Tips Perawatan Domba Agar Tumbuh Dengan Baik. Semoga informasi ini bermanfaat bagi sobat tani sekalian. Terima kasih.

REVIEW OVERVIEW
Informasi Yang Bagus
Bagikan
Loading...

BERI BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here