Hortikultura Sayuran (Tomat Sambungan) Cara Agar Tanaman Tomat Tahan Genangan Air, Cacing Nematoda, Penyakit...

(Tomat Sambungan) Cara Agar Tanaman Tomat Tahan Genangan Air, Cacing Nematoda, Penyakit Layu Bakteri dan Fusarium

0
Bagikan

Kabartani.com –¬†Penyakit layu bakteri disebabkan oleh Ralstonia solanacearum. Penyakit ini menyebabkan tomat yang ditanam di dataran rendah di musim hujan tiba-tiba layu dan mati. Bahkan mampu membunuh 100% tanaman tomat di lahan. Harapan petani untuk menuai keuntungan dari harga pasar yang tinggi di musim hujan menjadi sirna.

Penyakit ini hidup di tanah dan menyerang melalui kontak antara tanaman dengan tanah. Layu dimulai di pucuk daun, kemudian merambat ke bawah hingga seluruh tanaman menjadi layu dan mati dengan cepat.

Bagaimana mengetahui bahwa tanaman tomat yang mati disebabkan oleh penyakit layu bakteri?

  • Potong batang tanaman, celup ke dalam air beberapa menit, cairan putih keruh akan mengalir keluar (kiri).
  • Jika batang di belah, bagian tengahnya berwarna coklat (kanan).

Teknologi Sambungan (grafting)

Grafting adalah penyambungan dua jenis tanaman yang berbeda dari keluarga yang sama. Satu jenis dipakai sebagai batang bawah/akar dan jenis lain yang akan dipanen dipakai sebagai batang atas. Untuk grafting tomat, AVRDC – The World Vegetable Center menggunakan varietas terong terpilih yang tahan terhadap layu bakteri sebagai akar.

Simak juga: Apa Penyebab Buah Tomat Retak? Bagaimana Mengatasinya?

Hasilnya, varietas tomat yang disambung diatasnya menjadi tahan terhadap penyakit layu bakteri, tahan tergenang air dan juga tahan terhadap nematoda dan penyakit layu fusarium.

Tomat sambungan pada awalnya tumbuh lebih lambat daripada tomat tanpa sambungan. Tetapi petani yang menanamnya menyatakan bahwa tomat sambungan dapat dipanen dalam jangka waktu yang lebih panjang.

Pertumbuhan tomat di lahan terserang layu bakteri (kiri) dan di lahan tergenang air (kanan)

Kapan dan mengapa menanam tomat sambungan?

Karena harga bibit tomat sambungan lebih mahal, petani dianjurkan agar menanam tomat sambungan hanya pada saat dan tempat yang tepat, yaitu:

  • Menanam tomat di musim hujan, dimana layu bakteri lebih ganas atau lahan yang tergenang air dapat menyebabkan matinya tanaman tomat.
  • Lahannya bermasalah dengan penyakit layu bakteri, layu fusarium atau nematoda.

Budidaya Tomat Sambungan

Tanamlah tomat sambungan menggunakan cara budidaya dan pengendalian hama seperti menanam tomat tanpa sambungan. Tetapi, untuk memastikan kinerja/kemampuan maksimal tomat sambungan ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan.

1. Kedalaman tanam bibit sambungan

Bibit ditanam sedemikian rupa sehingga sambungannya berada di atas permukaan tanah, tidak tertimbun tanah. Ini untuk memastikan supaya tidak ada kontak antara batang atas tomat dengan penyakit yang hidup di tanah.

2. Tunas dan akar yang tidak diinginkan

Tunas yang tumbuh dari batang bawah (terong) perlu dibuang. Akar yang muncul dari batang atas (tomat) harus dipotong sebelum mencapai tanah. Ini untuk memastikan supaya tidak ada kontak antara tanah dengan batang atas tomat sebagai sarana penularan penyakit dari tanah.

3. Dukungan ajir dan pemangkasan

Tomat sambungan perlu didukung dengan ajir/tonggak 2-3 minggu setelah ditanam. Untuk varietas yang terus bertumbuh (indeterminate), pangkaslah supaya tumbuh dua batang pokok. Tanaman harus diikat di batang ajir/tonggak untuk memastikan supaya tidak rebah dan batang atas tidak menyentuh tanah.

4. Pengairan

Tomat sambungan memerlukan pengairan yang lebih banyak dibanding tomat tanpa sambungan. Sesuaikan jadwal pengairan sehingga kelembaban tanah cukup tinggi. Jika tidak, maka buah tomat cenderung busuk di pucuknya.

5. Bedengan dan naungan

Jika ditanam di musim hujan buatlah bedengan yang agak tinggi untuk menghindari tanaman tergenang air terlalu lama pada saat hujan deras. Jika mampu, gunakan naungan plastik yang terbukti meningkatkan hasil panen jika dikombinasikan dengan teknologi sambungan.

Simak juga :

Loading...

BERI BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here