UJI COBA NUKLIR KOREA UTARA SEBABKAN GEMPA 5,3 SR

UJI COBA NUKLIR KOREA UTARA SEBABKAN GEMPA 5,3 SR

0
SHARE

KABARTANI.COM-Korea Utara diperkirakan berhasil melakukan uci coba nuklir kembali. Diperkirakan Nuklir sebersar 20 kiloton ini mengaibatkan gempa bumi berkekuatan 5,3 skala Richter di seluruh wilayah Korea Utara, Jumat (09/09/2016) siang waktu setempat.

Kantor berita Korea Selatan, Yonhap melaporkan getaran itu merupakan gempa buatan. Sementara, US Geological Survey (USGS) mengatakan getaran terdeteksi di timur laut Korea Utara, dekat dengan lokasi uji coba nuklir.

Seperti dilansir CNN, USGS mengatakan aktivitas seismik terjadi 18 kilometer dari Kota Sungjibeam, Korut, dengan kedalaman 0 kilometer. Belum ada konfirmasi dari Pyongyang tentang getaran itu.

Namun, mengutip sumber pemerintahan Korsel, kemungkinan besar Korut berhasil melakukan tes nuklir. Jika gempa kali ini benar percobaan nuklir, kali ini merupakan tes ke lima kalinya.

Terakhir, Korut melakukan pada 6 Januari 2016 yang membuat PBB dan Amerika Serikat menambah beban sanksi kepada negara yang menutup diri itu. Selain percobaan nuklir, Korut juga kerap melakukan tes senjata roket.

Insiden paling mengerikan terjadi tatkala misilnya mencapai perairan Jepang. Menurut sejumlah laporan, kegiatan itu dilakukan Korut atas perintah Kim Jong-un yang marah atas latihan bersama AS dan Korsel

Dengan dilakukanya uji coba nuklir oleh Korea Utara ini akibatnya PBB mengecam Korea Utara, karena dengan hal tersebut kedamaian dunia sedikit banyak akan terganggu, begitu juga dengan Negara-negara lain juga banyak yang mengutu uji coba nuklir korea utara ini.