Video Dan Cara Penyilangan Padi Untuk Menghasilkan Varietas Padi Unggul

0
SHARE

KABARTANI.COM-Saat ini kita mengenal banyak sekali jenis varietas padi, entah itu padi local ataupun padi hasil persilangan. Tentu setiap varietas padi memiliki karakteristik dan keunggulan sifat tersendiri. Misal padi SS yang memiliki keunggulan dalam produktifitas anakan, padi pandan wangi yang memiliki keunggulan mempunyai bau harum pada beras yang dihasilkan.

Sebenarnya secara manual kita bisa membuat persilangan padi untuk menghasilkan jenis padi yang memiliki banyak keunggulan, akan tetapi kita harus memiliki kecermatan dan ketelitian serta keuletan untuk bisa menyilangkan 2 jenis varietas padi.

Berikut ini cara menyilangkan padi secara sederhana dan patut anda coba:

  • Hal pertama yang harus kita lakukan adalah memilih 2 jenis varietas padi yang akan kita tanam, dalam pemilihan varietas kita harus benar-benar mempertimbangkan akan keunggulan varietas padi tersebut agar nantinya varietas yang dihasilkan memiliki semua keunggulan sifat dari masing-masing indukan.
  • Setelah itu kita tanam kedua varietas tanaman padi tersebut dalam satu lahan dan berdekatan, hal ini memudahkan kita dalam proses penyilangan selain itu dengan menanam secara berdekatan ini juga bisa terjadi persilangan secara alami dengan bantuan angin.
  • Saat tanaman padi mulai memasuki fase generative dengan munculnya malai dan banga padi saat inilah kita mulai bisa menyilangkan tanaman padi.
  • Pada saat fase pembungaan tanaman padi atau kurang lebih saat padi memasuki usia 55-60 hst, bunga tanaman padi mulai mekar dan proses mekarnya bunga padi ini terjadi hanya pada pagi hari serta hanya berlangsug selama 7 hari.
  • Saat mekarnya bunga inilah terjadi proses pembuahan, kita dapat menyilangkan padi pada saat ini dengan cara kita ambil kelamin jantan bunga padi (benang sari) menggunakan tusuk gigi dari salah satu varietas padi. Hal ini dilakukan pada semua bulir padi dalam satu malai.
Kabar Tani bunga padi
Gambar Benang Sari Dan Putik Bunga Padi Yang Mekar-Kabartani.com
  • Kemudian pada varietas padi yang lain kita lihat apakah putik bunga sudah mulai mekar, kalau putik sudah mekar kita bisa memasukan serbuk sari yang telah kita ambil ke putik padi yang akan kita silang.
  • Setelah itu tutup dengan plastic transparan agar tidak terganggu dengan jantan lain. Serta berikan tanda agar kita tidak bingung mencari tanaman hasil persilangan.
  • Saat padi mulai memasuki fase pematangan kita lakukan seleksi hasil persilangan.
  • Seleksi dilakukan dengan tujuan untuk menentukan persilangan yang unggul dan tidak unggul, dengan cara membuang padi hasil persilangan yang tidakunggul dan menyisakan padi hasil persilangan yang unggul.
  • Cara melakukan seleksi adalah dengan menanam hasil persilangan padi yang telah kita lakukan.