Video Tutorial Menanam Buah Naga Dalam POT Agar Cepat Tunas Dan Berbuah

Video Tutorial Menanam Buah Naga Dalam POT Agar Cepat Tunas Dan Berbuah

0
SHARE

KABARTANI.COM-Tanaman buah naga merupakan tanaman yang mudah sekali untuk ditanam dan tidak perlu memerlukan keterampilan khusus untuk membudidayakan tanaman ini. Buah naga yang sering ditanam adalam jenis buah naga yang memiliki kulit buah berwarna merah dan daging buahnya berwarna putih.

Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menanam buah naga agar cepat tunas dan berbuah, sekaligus untuk hiasan rumah berikut ini caranya:

  • Menyiapkan Pot

Pot untuk menanam buah naga sebaiknya adalah pot yang berasal dari tanah liat, karena pada saat pembungaan buah naga membutuhkan perubahan suhu yang drastis dari siang ke malam. Pot yang digunakan minimal berdia meter 40cm

  • Siapkan Tiang Panjatan Untuk Tumbuh

Siapkan tiang panjatan yang kuat bisa dari besi, kayu atau bambu, tiang ini nantinya akan berfungsi sebagai penopang batang tanaman buah naga agar batang tanaman tidak mudah roboh dan mampu berproduksi.

  • Siapkan Media Tanam

Media tanam yang paling cocok untuk tanaman buah naga ialah campuran pasir, tanah, pupuk kandang dan kompos dengan perbandingan campuran 2:1:3:1. Campur semua media sampai benar-benar tercampur rata setelah itu siram sampai jenuh dan diamkan selama semalam media baru siap ditanami.

  • Memilih Dan Menanam Bibit

Bibit kita ambil dari batang tanaman buah naga yang besar, tua, sehat dan pastikan bebas dari penyakit. Selain itu batang yang kita ambil juga harus pernah berbuah minimal 3-4 kali hal ini agar nantinya tanaman yang dihasilkan akan cepat berproduksi.  Batang dipotong sepanjang 30 cm, dan ditanam dalam pot dengan kedalaman 10cm. setelah penanaman taruh bibit buah naga tersebut ketempat yang terbuka agar terkena sinar matahari langsung.

Hal Yang Sering Terjadi Dalam Budidaya Tanaman Buah Naga:

  • Tunas atau batang buah naga pertumbuhannya lambat dan lama.
  • Buah naga lama berbuah.
  • Buah naga berbunga tapi tidak pernah jadi buah.
  • Saat berbuah selalu gagal karena busuk dan gugur.

Cara Pemupukan:

  • Pemupukan Untuk Mempercepat Pertumbuhan Tunas

Untuk mempercepat pertumbuhan tunas buah naga sebaiknya berikan pupuk organic dari kotoran ayam. Apabila menggunakan pupuk kimia berikan pupuk yang mengandung unsur N lebih tinggi dari pada P dan K.

  • Pemupukan Agar Tanaman Buah Naga Cepat Berbuah

Untuk mempercepat tanaman buah naga agar berbuah berikan pupuk organic berupa kotoran kambing. Jika menggunakan pupuk kimia berikan pupuk yang memiliki  kandungan unsur P lebih tinggi dari pada N.

Cara Mengatasi Buah Naga yang Gagal Berbuah

Buah naga membutuhkan penyerbukan agar bunga dapat berbuah. Jika tidak ada lebah penyerbukan bunga, maka penyerbukan manual harus dilakukan dengan cara mengawinkan bunga buah naga. Sedangkan untuk mengatasi busuk dan gugur pada bunga, maka dapat diberikan KNO3 saat mulai muncul bakal bunga.