SHARE

Kabartani.com-Sering kali dalam pertanian kita mengetahui istilah MOL tapi apa itu MOL? MOL merupakan kepanjangan dari Mikro Organisme Lokal ialah sebuah cairan yang mengandung mikro organisme yang sengaja dihasilkan dari bahan-bahan alami disekeliling kita.

Mol merupakan bahan pengurai (decomposer) dalam pembuatan pupuk organic semisal kompos dan bokashi. Kita tahu bahwa prinsip pertanian organic adalah mendaur ulang atau mengolah sisa-sisa bahan organic sebagai salah satu sumber pupuk maupun pestisida. Dalam pembuatan pupuk organic akan dipermentasi dengan menggunakan MOL, semisal jerami, dedaunan, kotoran ternak hal tersebut bisa diuraikan oleh organisme yang ada dalam MOL.

MOL mengandung banyak sekali unsur hara baik itu mikro maupun makro, selain itu MOL juga mengandung bakteri yang mempunyai fungsi sebagai pengurai bahan organic, perangsang tumbuh serta pengendali hama dan penyakit pada tanaman.

Keunggulan MOL ialah sangat mudah dibuat serta murah dalam biaya pembuatan. Selain itu MOL juga sangat efektif jika digunakan sebagai decomposer, atau sebagai salah satu nutrisi tambahan bagi tanaman.

Dalam pembuatan MOL bahan yang digunakanharus mengandung Karbohidrat, gula (glukosa) dan bakteri, dimana ketiga macam unsur ini harus terpenuhi agar MOL yang dihasilkan berkualitas dan sesuai dengan harapan.

Mikro Organisme Lokal ini sering dimanfaatkan untuk budidaya pertanian organik atau semi organik. Berikut ini beberapa kegunaan MOL:

  1. MOL dapat dimanfaatkan sebagai POC (Pupuk Organik Cair)
  2. MOL dapat dimanfaatkan sebagai dekomposer atau biang kompos untuk pembuatan kompos
  3. MOL juga dapat dimanfaatkan untuk pestisida nabati untuk mengusir hama tanaman