Waspadai Adanya Penyakit Sigatoka Complex Pada Buah Pisang

    Waspadai Adanya Penyakit Sigatoka Complex Pada Buah Pisang

    0
    Bagikan

    KABARTANI.COM –¬†Waspadai Adanya Penyakit Sigatoka Complex Pada Buah Pisang, Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh para ahli Patologis tanaman dari University of California, Davis Stergiopoulos, mengatakan bahwa Penyakit Sigatoka Complex ini, dapat mengancam perkembangan buah pisang dengan cepat sehingga dapat mempengaruhi pasokan pisang pada waktu mendatang.

    Buah pisang adalah buah yang tak asing lagi bagi masyarakat indonesia, buah pisang memiliki banyak jenis, dan rasa yang beragam jenis dengan adanya serangan penyakit Sigatoka Complex ini diperkirakan pada jangka waktu 10 tahun mendatang, besar kemungkinan buah ini terancam akan punah.

    Davis Stergiopoulos, mengemukakan bahwa penyakit Sigatoka Complex ini terdiri dari tiga penyakit yaitu Jamur Sigatoka (Pseudocercospora musae), bercak daun Eumusae ( Pseudocercospora eumusae), dan Black Sigatoka.

    Dan untuk saat ini, besar perkiraan adanya penyakit ini telah menyerang tanaman pisang terutama pada buahnya yang dapat mengurangi hasil produksi buah pisang kurang lebih 40 persen.

    Yang paling berperan dari ketiga penyakit yang disebut diatas yang lebih dominan menyerang adalah Black Sigatoka yang telah berisiko terbesar dimana dalam 100 juta ton pisang yang telah ditanam tiap tahunnya di 120 negara mengalami serangan dari penyakit ini.

    walaupun dikatakan dalam ambang kepunahan, buah pisang sebagai buah konsumsi tidaklah usai begitu saja dampak yang ditimbulkan adalah terjadinya penurunan produksi yang akan berpengaruh terhadap ekspor pada suatu negara.

    Loading...

    TIDAK ADA KOMENTAR

    BERI BALASAN