Wow! Semangka Berkulit Hitam, Harga Puluhan Juta, Rasa Istimewa

Wow! Semangka Berkulit Hitam, Harga Puluhan Juta, Rasa Istimewa

0
Bagikan

Kabartani.com – Di Indonesia, buah-buahan tropis seperti semangka, rata-rata harganya tak lebih dari Rp 50 ribu. Namun, di Jepang ada semangka unik yang harganya selangit. Semangka apa itu?

Inilah Semangka Densuke, sebuah semangka langka dari Jepang yang tumbuh di Kota Tama, Pulau Hokkaido dijual dengan harga sangat fantastis.

Dilansir dari Tokyotimes.com (31/08/2017), pada pelelangan tahun 2012, semangka Densuke hasil panen pertama laku dijual 650 ribu Yen (sekitar Rp 84 juta).

Apa yang membuat semangka ini harganya selangit? Menurut laporan pers lokal, buah semangka yang hanya tumbuh di Pulau Hokkaido ini merupakan spesies langka yang sangat populer.

Ciri khas dari semangka tersebut yaitu memiliki kulit berwarna hitam, setiap tahunnya hanya ada 100-an semangka yang bisa dipanen. Semangka ini tak hanya istimewa dalam hal rasa, tetapi juga dalam ukuran.

Rata-rata semangka ini berukuran jumbo, di atas 5 kg. Daging buahnya yang berwarna merah cerah, memiliki rasa yang begitu manis dan renyah, sungguh sangat menggoda. Itulah tampilan fisik semangka hitam Densuke dari Jepang.

Dikutip dari hungryhouse.co.uk, semangka Densuke memang memiliki keistimewaan dalam hal rasa. “Ini memang semangka, tapi tak sama dengan semangka umumnya. Level kemanisannya berbeda dari semangka lain,” tukas Kazuyoshi Ohira, juru bicara Tohma Agricultural Cooperative, perusahaan pengembang semangka Densuke.

Rahasia semangka Densuke menjadi istimewa dalam urusan rasa dan ukuran, terletak pada proses pertumbuhannya. Semangka biasanya merambat di atas tanah, dan setiap 30 centimeter mengeluarkan pucuk yang kelak akan menjadi semangka. Di Indonesia, dalam jenjang waktu tertentu semuanya dibiarkan tumbuh, agar hasil panennya banyak.

Simak juga ZPT ini Membuat Semangka Berbiji Sedikit dan Buah Tahan Lama

Di Jepang, sewaktu buahnya mulai muncul, petani hanya akan memilih satu buah terbaik di setiap rambat dan buah lainnya dipotong. Tujuannya, supaya semua energi dan nutrisi dapat diserap oleh satu buah semangka saja, sehingga rasanya benar-benar manis, kaya nutrisi, dan tentu saja ukurannya jumbo.

Simak juga Cara Membuat Semangka Berbiji Menjadi Semangka Tanpa Biji

Meskipun semangka Densuke dijual seharga puluhan juta rupiah, namun tetap saja laris manis dan setiap panen selalu habis. Orang Jepang terkenal suka dengan buah-buahan dari spesies langka. Mereka pun rela menghabiskan banyak uang demi mengonsumsinya.

Loading...

TIDAK ADA KOMENTAR

BERI BALASAN